Kecamatan Sako Gelar Gotong-Royong Antisipasi Banjir

Securitynews.com, PALEMBANG- Kegiatan gotong royong tingkat Kota Palembang digelar di Kelurahan Sialang Kecamatan Sako, dengan tema “Dalam Semangat Gotong-Royong Mari Kita Ciptakan Rasa Kebersamaan dalam Rangka Mewujudkan Palembang Emas Darusalam 2024.”

Kegiatan tersebut dihadiri Pemerintah Kota Palembang yang diwakili Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang Ir. H. Akhmad Bastari Yusak, Dandim 0418 Letkol. Czi Arief Hidayat, M.Han, Camat Sako Drs. Amiruddin Sandy S.STP. M.Si., Lurah Sialang Dan Iqbal S.IP, dan OPD terkait.

Akhmad Bastari Yusak mengatakan, kita mengadakan gotong-royong untuk melanjutkan program dari pemerintah Kota Palembang yang hari ini dilaksanakan di Kelurahan Sialang Kecamatan Sako dengan membersihkan sungai. “Kami punya tim yang andal di lapangan untuk mengukur kedalaman yang ideal, berapa kiri-kanan yang harus dikeruk, jangan sampai malah merusak konstruksi. Kita keruk sendimentasinya, sampah kita angkat sehingga sungai bisa berfungsi kembali dengan normal. Kita juga mengimbau kepada warga jangan membuang sampah di sungai, jangan menutup saluran air, jangan mendirikan bangunan disaluran air, di anak-anak sungai, di sungai sungai, agar tidak terjadi banjir,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Camat Sako Drs. Amiruddin Sandy S.STP. M.Si. menambahkan, pagi hari ini kita melaksanakan kegiatan gotong-royong yang berlokasi di aliran anak Sungai Borang di wilayah RT 25. Yang mana saluran airnya menjadi urat nadi bagi warga Kelurahan Sialang. “Jadi kalau saluran air ini terhambat atau tersumbat, maka sudah bisa dipastikan warga akan terdampak semua dengan meluapnya air disaluran itu. Alhamdulillah dari Dinas PU dan warga bersama-sama membersihkan aliran sungai walaupun hari ini belum selesai, akan tetap dilanjutkan sampai dengan selesai,” bebernya.

Lebih lanjut Amiruddin Sandy menuturkan, hal yang menjadi kendala lambatnya proses pembersihan di saluran air Kelurahan Sialang ini karena merupakan pemukiman lama, dimana kondisi saluran air banyak berada di antara rumah warga. “Jangankan mobil, peralatan, manusia juga agak sulit masuk ke lokasi, maka dari itu kami mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk membersihkan saluran air di wilayah rumah masing-masing. Jangan menunggu banjir baru dibersihkan, dan mudah-mudahan semua genangan air bisa terakomodir,” tutupnya.

Selain kegiatan gotong-royong, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Univeritas Tridinanti  bersama Kelurahan Sialang mengadakan kegiatan GEMPAR (Gerakan Menanam Pare) sebagai upaya meningkatkan pendapatan masyarakat guna wujudkan kepedulian pemerintah terhadap UMKM di lingkungan Kelurahan Sialang Kecamatan Sako Palembang bersama Lurah Sialang, Ketua LMK, Dosen, dan Mahasiswa.

Laporan : Akip
Editing : Imam Gazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *