Kabag OPS Polres PALI Paparkan Taktikal Floor Game

Securitynews.co.id, PALI- Di hadapan Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin,S.I.K, MH didampingi juga oleh Wakapolres PALI KOMPOL Hardiman, S.H,M.H., Pejabat Utama dan Jajaran Polres PALI, Kajari, Danyon Brimob dan stikholder yang terkait, Kabag OPS Polres PALI KOMPOL Hendro Suwarno S.H menyampaikan paparan Taktikal Floor Game (TFG).

Dalam pelaksanaan Taktikal Floor Game ini, KOMPOL Hendro memberikan penjelasan kepada seluruh stakeholder yang terkait mengenai pengamanan dalam tahapan Pemilu Tahun 2023-2024 di Wilayah Hukum Polres PALI yang dihadiri juga oleh Asisten I Pemkab Pali, H. Andre Fajar Wijaya,S.Si.,M.Si., C.SEP, Danyon Batalyon D Pali, KOMPOL Maerun, Danramil 0404-03/ Pendopo Kabupaten Pali KAPTEN Narko, Ketua KPU Pali Sunario, SE, Ketua Bawaslu diwakili oleh Komisioner Bawaslu Fardinan S.Kom, Kasi Tipidum Kejari Pali Qodri Chandra,SH,MH, Sekretaris Damkar Kabupaten Pali Jerry, Kepala BPBD Ahmad Hidayat, ST., MM, Kabid Perda Pol PP Dedi Martono, dan Insan Pers.

“Untuk pengamanan dalam tahapan Pemilu ini, kita telah mempersiapkan seluruh personel, sesuai dengan S.O.P dan Undang-Undang yang berlaku, tentunya di sini juga kita melibatkan rekan-rekan kita dari Brimob, TNI, Kesehatan dan semua unsur yang terkait,” jelas KOMPOL Hendro sambil menjelaskan tugas dan posisi dari setiap unsur yang terkait agar Pemilu dapat berlangsung lancar, aman, dan terkendali.

Paparan TFG ini menggunakan media miniatur wilayah Kabupaten Pali, agar dapat menjadi gambaran langsung apabila ada masalah,pada saat pelaksanaan pemilihan nantinya. “Semoga melalui miniatur Kabupaten PALI ini,kita semua sudah lebih mengerti dan memahami apa yang harus dilakukan sebagai pengamanan pelaksanaan pemilu 2024 di Kabupaten Pali ini,” ujar Pejabat Nomor Tiga di Mapolres PALI pada Rabu (17/10/2023) saat menyampaikan TFG di ruang Lobby Lantai Dasar Mapolres PALI.

Ditambahkannya, bahwa giat pengamanan ini harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab,dimulai dari penempatan personel, pergeseran pasukan, pengendalian,cara bertindak maupun pelaporan dalam pengamanan. “Ada tiga indikator penanganan situasi yakni situasi hijau, kuning, dan merah, Situasi hijau menandakan situasi damai dan tertib, sementara situasi kuning menandakan situasi tidak tertib sedangkan situasi merah berarti situasi sudah mengarah ke anarkis,” paparnya.

Sinergitas dan soliditas lanjutnya, harus tetap dijaga untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Pali,dan Tactical Floor Game ini merupakan simulasi yang dilaksanakan dalam rangka kesiapan dalam menghadapi suatu kotinjensi pada Pemilihan Umum Tahun 2024;

“Tactical Floor Game (TFG) ini dilaksanakan sebagai tahapan Manajerial Pengamanan yang menggambarkan bagaimana Operasi Kepolisian yang digelar dengan sandi Operasi Mantap Brata Musi tahun 2023-2024, Juga untuk melatih respons menghadapi segala situasi dan ancaman yang memungkinkan terjadi selama tahapan Pemilu serentak tahun 2024,” pungkas Kompol Hendro.

Laporan : A. Chandra
Posting : Imam Gazali