Buka Lapangan Kerja, Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Palembang Laksanakan Program Padat Karya

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Palembang, melaksanakan program padat karya dengan melibatkan 124 warga setempat, kegiatan dilaksanakan di Kantor Distrik Navigasi Jalan Blinyu No 9, Lawang Kidul, Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang, Selasa (17/10/2023).Whatsapp Image 2023 10 17 At 08.39.01

Kepala Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Palembang Marta Hardisarwono, SE., M.Si mengatakan, pelaksanakan padat karya ini bertujuan untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat, membantu pemulihan ekonomi masyarakat yang bersangkutan khususnya dan ekonomi nasional pada umumnya akibat dampak Covid-19, serta membantu mengurangi pengangguran mewujudkan kesejahteraan masyarakat setempat, dan sebagai langkah strategis dalam pengamanan Barang Milik Negara khususnya Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (Menara Suar dan Rambu Suar).Whatsapp Image 2023 10 17 At 08.38.46

Menurutnya, kegiatan padat karya ini diharapkan dapat mewujudkan peningkatan akses masyarakat lapis bawah kepada pelayanan dasar, serta menciptakan lapangan kerja, sehingga manfaat dari kegiatan ini dapat dirasakan secara langsung bagi Masyarakat terutama warga sekitar.

Marta menjelaskan, program padat karya ini dilaksanakan mulai antara tanggal 17 Oktober s/d 24 Oktober 2023 di wilayah kerja Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Palembang, yang meliputi 7 (Tujuh) titik lokasi di Provinsi Sumatera Selatan, yaitu :
5 (Lima) lokasi di lingkungan Kantor Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Palembang, berupa :
Pemeliharaan dermaga,
Pemeliharaan Jalan Pelabuhan,
Pemeliharaan Trestle,
Pemeliharaan Halaman Parkir, dan
Pengecatan pagar kantor.
2 (Dua) titik lokasi pada :
Pemeliharaan Rambu Suar Penuntun Parit 12 Depan dan Belakang.
Pemeliharaan Rambu Suar Penuntun Selat Jaran depan dan belakang.
3 (Tiga) titik lokasi lainnya di Provinsi Bangka Belitung, yaitu :
2 (dua) lokasi di Kabupaten Bangka Barat, yaitu :
Pemeliharaan menara suar tanjung kalian
Pemeliharaan menara suar tanjung ular
1 (Satu) lokasi di Kota Pangkal Pinang, Pemeliharaan Rambu Suar Pangkal Balam Merah dan Hijau,” jelasnya.

Sementara Komisi V DPR RI DA Sumsel I Ir. Eddy Santana Putra, MT mengungkapkan,
Ini padat karya yang kesekian kali dilaksanakan oleh Distrik Navigasi kantor Distrik Navigasi kelas 1A Palembang, dengan honor Rp, 160.000 kita minta dan tentunya kita mengharapkan kegiatan seperti ini terus dilakukan dan diperbanyak.

“Pesan saya untuk para honor harus semangat terus karena hanya 5 hari kesempatan ini, jangan ngelamun lagi cari gawe di Palembang di Sumsel karena banyak pembangunan-pembangunan yang dilakukan oleh PUPR selain jalan tol perlu tenaga yang banyak di Palembang,” harapnya.

Di kesempatan yang sama PJ. Walikota Palembang Drs. H. Ratu Dewa, M.Si menyampaikan, kita dari pemerintah Kota Palembang dan warga Palembang mengucapkan terima kasih kepada Pak Edi Santana Putra dari Komisi V DPR RI sudah menginisiasi kerja sama dengan kementrian perhubungan dari Kepala Distrik Navigasi tipe A kelas 1 Palembang.

Ada dua hal pertama ini adalah pemberdayaan masyarakat yang kedua akan semakin menggeliatkan perekonomian di Palembang mudah-mudahan ekonomi kita tumbuh dengan subur dan menggeliat di angka 5,25% dan ke depan akan semakin lebih baik lagi saya kira itu poin terpentingnya,” pungkasnya.

Laporan : Sandy
Posting : Imam Gazali