Ini Catatan Reses Tahap 1 Ir. HM Kanoviyandri Rasyid, Anggota Dapil III (OKI-OI) DPRD Sumsel dari Partai Demokrat

Securitynews.co.id, INDRALAYA- Memperjuangkan aspirasi atau keinginan rakyat atau warga di suatu daerah adalah kewajiban bagi setiap anggota dewan sebagai amanah yang diembannya. Hal itu juga dilakukan oleh Ir HM Kanoviyandri Rasyid, anggota Dapil III (OKI-OI) DPRD Sumsel dari Partai Demokrat tanggal 6-13 Maret 2023 lalu saat Reses Tahap 1 di 6 desa wilayah OI dan OKI. ”Saat reses seperti inilah kita akan tahu secara langsung berbagai masalah dan keluhan warga di dapil kita secara langsung. Dan hasilnya nanti akan kita ajukan dan dibahas dalam paripurna, sehingga akan didapat berbagai solusi dan jalan keluar terhadap beragam masalah yang kita serap,” ujar Bang Haji Ujang sapaan akrab Ir HM Kanoviyandri Rasyid ini, Rabu (15/3/2023).

Adapun 6 desa yang menjadi sasaran Reses Tahap 1 kali ini meliputi:
1. Desa Tanjung Dayang Selatan Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten OI
2. Desa Ketiau Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten OI
3. Desa Tanjung Pering Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten OI
4. Desa Pedamaran 6 Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI
5. Desa Muara Burnai 1 Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten OKI
6. Desa Serdang Menang KecamatanSP Padang Kabupaten OKI.

Sosok Kanoviyandri Rasyid jebolan SMAN 1 Palembang angkatan 88 selama ini memang dikenal ramah, santun, dan familiar dengan siapa saja. Hal itu memang sejak lama telah ditanamkan oleh ayahnya, almarhum H. Rasyid Rais yang merupakan pejabat dan salah satu tokoh masyarakat di OKI pada zamannya.

Karenanya, warga yang mengetahui kedatangan Bang Haji Ujang ini di daerah mereka pun langsung disambut dengan antusias. Sebab, kesempatan reses dimanfaatkan warga selain untuk mengungkapkan berbagai masalah yang ada di desa, juga sebagai ajang lepas kangen dan rindu dengan Bang Haji Ujang.

Hal itu terbukti dari banyaknya warga yang datang saat Reses Ir HM Kanoviyandri Rasyid di Kabupaten Ogan Ilir dan OKI ini.

Kedatangan warga tersebut tanpa terkecuali diikuti juga para kades dan perangkatnya, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, serta pihak keamanan setempat yakni Babinsa dan Babinkamtibmas.

Dari aspirasi ini Kanoviyandri menerima beragam usulan warga masing-masing desa. Mulai perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan, bantuan instalasi listrik untuk penerangan jalan, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, pembangunan rumah ibadah dan kantor desa, bibit ikan dan pupuk, bantuan untuk kesehatan, dan bantuan untuk pertanian hingga masalah UMKM.

Saat reses di Desa Ketiau, Kades Dedi dalam sambutannya menjelaskan kondisi desanya yang perlu mendapatkan perhatian. ”Untuk Kantor Kepala Desa Ketiau saat ini kondisinya sudah banyak yang rusak, mohon kiranya Pak Haji Ujang dapat mengusulkan perbaikannya. Sebab untuk rehab dan perbaikan kantor kepala desa tidak boleh menggunakan dana desa. Begitu juga dengan kondisi saluran air yang ada di desa kami mohon kiranya dapat dibuat permanen atau disemen sebagai antisipasi banjir saat musim penghujan seperti sekarang,” ujar Kades.

Sedangkan di Desa Tanjung Dayang Selatan, kades setempat yakni Zulkifli mengusulkan pembuatan jalan setapak di lingkungan desanya. ”Jalan setapak di desa kami ini keadaannya sudah banyak yang rusak dan berlobang sehingga amat membahayakan pejalan kaki dan pengendara yang melintas. Karena itu, dalam kesempatan yang baik ini, kami mohon kiranya Bapak Haji Ujang dapat membantu memperbaikinya. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih,” tegas Zulkifli.

Saat reses di Desa Muara Burnai 1, tokoh masyarakat setempat yakni Pak Ucok berharap agar jalan poros desa dapat lebih diperhatikan lagi. ”Karena kondisi jalan poros desa kami ini sudah banyak yang rusak di sana-sini, sehingga lalu lintas warga terkendala apalagi saat musim penghujan seperti sekarang ini,” harapnya.

Berbeda dengan desa lain, saat Reses Tahap 1 Ir. HM Kanoviyandri Rasyid, Anggota Dapil III (OKI-OI) DPRD Sumsel dari Partai Demokrat ini di Desa Serdang Menang OKI, warga melalui tokoh masyarakat sekaligus tokoh agamanya yakni Irwan Yancik SH berharap kiranya Kanoviyandri Rasyid dapat menghidupkan dan mengembangkan UMKM di desanya. ”Sebab masyarakat di sini banyak usaha mandiri. Macam tambak ikan lele, toman, dan patin. Karena itu kami perlu suntikan dana agar usaha warga dapat maju dan berkembang. Sekaligus mohon bantuan juga untuk pemasarannya, sehingga masyarakat kian sejahtera,” tegas Irwan.

Atas semua usulan tersebut, secara gamblang dan transparan, Ir. HM Kanoviyandri Rasyid pun menjawabnya, sehingga masyarakat puas dan dapat memakluminya.

Usai reses, Bang Haji Ujang menyempatkan diri untuk memantau dan bersilaturahmi warga yang ada di desa-desa lainnya. Khususnya kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakatnya guna menjaga dan meningkatkan silaturahim yang sudah terbangun dengan baik selama ini.

Laporan/Posting : Imam Gazali