Geliat Pembangunan Insfrastruktur Jalan di Kabupaten Mura

Securitynews.co.id, MUSI RAWAS- Eksistensi Dinas Pekerjaan Umum Bima Marga (DPU-BM) Kabupaten Musirawas (Mura) yang bertanggung jawab terhadap pembangunan infrastruktur jalan di daerah itu, terus ditunjukkan para Aparatur Sipil Negara (ASN). Yakni dengan melaksanakan titik nol atau bukti tanda dimulainya pembangunan.

Sejak Rabu pagi (14/10) para ASN lingkungan DPU-BM yang masing-masing bertanggung jawab, sebagai PPK (Pejabat Pembuatan Komitmen), PPTK (Pejabat Penanggung Jawab Teknis Kegiatan), pengawasan lapangan rekanan, dan Bagian Pembangunan Setda Pemkab Mura, menyambangi beberapa kecamatan yang ada di daerah itu.

Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan titik nol peningkatan jalan dua desa di dua kecamatan berbeda, lokasi awal dimulai pada Desa Mangan Jaya Kecamatan Muara Kelingi. Dengan judul pekerjaan peningkatan jalan rigit beton Desa Mangan Jaya menuju Desa Sembatu Jaya. Kegiatan ini menghabiskan anggaran biaya sebesar Rp. 993 juta lebih. Dikerjakan oleh pihak CV. Sinar Andalas, sedang secara teknis kegiatan ini ialah jalan cor beton dengan ketebalan 20 cm, lebar 4 meter, dan panjang mencapai 338 meter.

“Kami minta pihak pelaksana agar dapat segera melakukan pengerjaan rigit ini dalam waktu dekat ini, diharapkan pada bulan November mendatang akses jalan ini bisa segera dirasakan manfaatnya bagi masyarakat desa setempat,” tegas Rio Aprianzah selaku PPK didampingi PPTK Hendro, Bagian Pembangunan Firlan dan pihak pemerintah desa yang diwakili oleh Sekdes Sepran yang ikut pada titik nol Rabu Siang (13/10).

Bambang Ekalaya selaku pelaksana dari pihak CV Sinar Andalas menyatakan, bahwa setelah titik nol dirinya langsung melakukan pematokan titik-titik pekerjaan dan selanjutnya dalam waktu dekat pengerjaan pembangunan/peningkatan jalan itu akan pihaknya upayakan rampung sesuai target.

“Kami akan upayakan dalam waktu dekat ini pengerjaan peningkatan jalan rigit akan segera terlaksana, dengan upaya target penyelesaian secepat mungkin. Demi kepentingan warga desa mangan jaya dan desa sebelah,” tegas Bambang.

Sementata itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Mangan Jaya, Sepran mengutarakan ucapan terima kasih pada semua pihak terutama pada pihak pihak terkait Dinas PU-BM. Dia pun mengharapkan kontraktor pelaksana agar saat pekerjaan berlangsung mengutamakan kualitas, jangan sampai kualitas yang diharapkan malah sia-sia.

“Kita minta pihak rekanan bener-benar membangun jalan desa kami ini, dengan tetap memberikan kualitas bukan hanya sekedar mengejar kuantitas saja,” harap Sepran.

Terpisah, selain lakukan titik nol di Desa Mangan Jaya, proses titik nol dilanjutkan ke Desa Muara Rengas Kecamatan Muara Lakitan. Rio Aprianzah selaku PPK bersama PPTK Rico peningkatan jalan rigit beton Desa Muara Rengas menyampaikan bahwa, pekerjaan di desa ini sebagai pelaksana yaitu CV Akso Satria Linggau dengan teknis kegiatan tebal rigit beton 20 centi meter, lebar tiga meter dan rencana panjang mencapai 328 meter.

“Anggaran guna pelaksanaan rigit di desa ini sendiri mencapai kisaran 300 jutaan lebih, bahkan pihak kontraktor langsung melakukan pematokan dititik-titik jalan yang akan ditingkatkan kualitasnya. Mungkin dalam waktu dua atau tiga hari ke depan pembangunan jalan akan berlangsung. Kami pun yakin pihak rekanan pada pelaksanaannya tidak mengecewakan masyarakat Desa Muara Rengas,” tegas Rio.

Desrul selaku Kepala Desa Muara Rengas merespon dan mendampingi pihak DPU-BM serta pihak kontraktor mengemukakan, memberikan apresiasi yang sangat besar dan berterima kasih dengan dilaksanakan pembangunan atau peningkatan jalan di Desa Muara Rengas.

“Kami mewakili masyarakat desa sangat berterima kasih pada pihak Pemkab Mura, terutama pada rekan-rekan dari Dinas PU-BM atas direalisasikannya peningkatan jalan di desa kami,” ujarnya.

Sedengkan Zaidan selaku pelaksana dari CV Akso Satria Linggau menegaskan, setelah titik nol rampung maka selanjutnya akan segera mengerjakan rigit beton itu sesuai dengan kerangka acuan kerja yang berlaku.

“Inshaa Allah jika tidak ada aral kami menargetkan paling lama dalam satu bulan, pembangunan rigit beton desa muara rengas sudah rampung dan bisa dimanfaatkan oleh warga desa,” pungkasnya.

Laporan : Rudi Tanjung
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar