Banjir Bandang di Pagun, Putuskan Jembatan Gantung

Securitynews.co.id, LAHAT- Bencana alam berupa banjir bandang terjadi di Desa Padang Kecamatan Pagar Gunung (Pagun) Kabupaten Lahat. Karenanya, unsur Tripika kecamatan pun langsung terjun ke lokasi.

Kapolres Lahat AKBP S.Kunto Hartono SIK, MT melalui Kapolsek Pulau Pinang IPTU Amrin Prabu membenarkan telah menerima laporan dari Kades Padang bahwa di ataran Sungai Hulu Air Sam telah terjadi banjir yang disebabkan meluapnya air sungai tersebut.

“Laporan tersebut disampaikan oleh Kades Padang, kita terima sekira pukul 11.00 WIB, telah terjadi banjir yang disebabkan oleh meluapnya Sungai Hulu Air Sam desa Padang kecamatan Pagar Gunung (Pagun) Kabupaten Lahat,” tegas Kapolsek Pulau Pinang, Selasa (28/2/2023).

Dari laporan itu, sambung Amrin Prabu, langsung ditindaklanjuti, jajarannya bersama unsur Tripika Kecamatan Pagar Gunung dengan melakukan pengecekan lokasi banjir, tempat meluapnya Sungai Hulu Air Sam di Desa Padang Kecamatan Pagun Kabupaten Lahat.

Unsur Tripika Kecamatan Pagar Gunung yang melakukan pengecekan lokasi banjir antara lain:
– Camat Pagun, Marles Yuniardi S.Kom, MM bersama Kasi Pem Pahar Guning Gimin SE.
– Kapolsek Pulau Pinang IPTU Amrin Prabu, beserta Kanit Intelkam AIPDA Sanda Wijaya SH, AIPDA Aga Meylanda, BRIPKA Risman Pagardi, Bhabinkamtibmas desa Padang BRIPTU M,Rezky.
– Danramil 405-09 Pulau Pinang yang diwakili Babinsa desa Padang SERDA Dedi Wahyudi, dan SERDA Harefa.
– Kades Padang, Nahudin dan perangkat Desa Padang serta masyarakat setempat.

Akibat bencana tersebut, sambung Amrin Prabu, menyebabkan kerugian berupa terputusnya Jembatan Gantung akses penghubung yang dimanfaatkan oleh warga Desa Padang setiap harinya.

Selain itu, sawah milik masyarakat juga mengalami kerusakan. Namun, beruntung atas peristiwa ini tidak sampai menelan korban jiwa dan hanya mengalami kerugian material berupa Jembatan Gantung. “Unsur Tripika dibantu kepala desa dan perangkat bersama sama melakukan pembersihan dan evakuasi material Jembatan yang roboh akibat diterjang luapan Sungai Hulu Air Sam, dan selama proses pembersihan dan evakuasi berjalan lancar serta aman sampai selesai,” pungkas Kapolsek Pulau Pinang.

Laporan : Idham
Editing : Imam Gazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *