oleh

Antisipasi Kebakaran Lahan Gambut, Kelurahan Kedaton Lakukan Pelatihan Hansip Peduli Lingkungan

Securitynews.co.id, KAYUAGUNG- Sekitar delapan puluh persen luas wilayah Kelurahan Kedaton merupakan lahan gambut yang terbilang cukup dalam di wilayah Kabupaten OKI bahkan di Sumatera Selatan. Apabila terjadi kebakaran lahan gambut tersebut selain akan sulit dipadamkan juga dapat berdampak terhadap lingkungan sekitarnya terutama bagi kesehatan.

Untuk itu dalam upaya mengantisipasi dan mencegah agar tidak terjadinya kebakaran hutan terutama dilahan gambut saat musim kemarau tiba. Melalui program Pemberdayaan masyarakat yang didanai dari dana Keluharan tahun 2021 ini kita melakukan kegiatan Pelatihan Linmas/hansip Peduli Lingkungan, terang Lurah Kedaton Thalib Rantawan SE dalam laporannya pada giat dihalaman Kantor Kelurahan Kedaton, Rabu (31/3).

Lanjutnya, kegiatan pelatihan hansip ini bertujuan agar hansip di Kelurahan Kedaton ini selain dapat melakukan tugasnya sebagai satuan Perlindungan Masyarakat (linmas) dalam menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat juga disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan peduli lingkungan seperti penanganan bencana guna mengantisipasi dan mencegah serta mengurangi dan memperkecil ruang lingkup kebakaran lahan gambut yang kerap terjadi disaat musim kemarau tiba.

“Dengan kegiatan ini diharapkan para hansip yang telah diberi pelatihan oleh para nara sumber kiranya dapat berjiwa sosial kemasyarakatan dan peduli terhadap lingkungan di sekitarnya. Selain itu juga diharapkan dapat bekerja lebih oftimal, tahu serta memahami cara mengatisipasi, mencegah serta bagaimana cara melakukan penanggulangan bencana kebakaran lahan gambut,” harapnya.

Sementara itu Camat Kecamatan Kota Kayuagung Iskandar S.Sos dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa pelatihan linmas/hansip peduli lingkungan tahun 2021 sangat baik sekali dilakukan guna lebih memberdayakan masyarakat terutama bagi hansip.

“Hansip sangat baik sekali diberdayakan selain tugasnya sebagai perlindungan masyarakat (linmas) juga dapat berperan menjaga lingkungan sekitarnya apalagi di situasi Pandemi Covid-19, peran hansip begitu besar. Untuk itu diharapkan agar setiap pos hansip dijaga dan diberdayakan semaksimal mungkin agar keamanan dan ketertiban serta kenyamanan masyarakat dapat terjaga dengan baik,” jelasnya.

Camat Kayuagung berharap agar apa yang disampaikan oleh nara sumber dalam kegiatan ini kepada para hansip dapat diserap dan dipahami serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kebakaran hutan dan lahan gambut tidak terjadi. Tetap terapkan prokes 4M dengan menjaga jarak, memakai masker, mencuci cuci tangan dengan sabun atau deterjen dan sejenisnya pada air mengalir dan menjauhi kerumunan serta semoga Pandemi Covid-19 ini dapat segera berakhir.

Kegiatan pelatihan linmas/hansip tersebut dihadiri Satpol PP dan Damkar OKI dan juga Babinktibmas Kelurahan Kedaton selaku narasumber kegiatan, Kasi PMD/Kelurahan Kecamatan Kayuagung, para perangkat Kelurahan Kedaton dan tamu undangan lainnya yang sempat hadir.

Laporan : Ali/Redy
Posting  : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed