Anggota DPRD Sumsel Dapil I Reses Tahap III di Kantor PDAM Tirta Musi Palembang

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Anggota DPRD Sumatra Selatan (Sumsel) Dapil I (Kecamatan IB I, IB II, Bukit Kecil, Gandus, SU I , SU II , Kertapati, Plaju, dan Jakabaring) Kota Palembang menggelar reses tahap III di Kantor PDAM Tirta Musi, Palembang di Jalan Rambutan, Rabu (18/10).Whatsapp Image 2023 10 18 At 08.16.22(1)

Hadir koordinator reses yaitu Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhari (Golkar) didampingi anggota DPRD Sumsel Mgs Syaiful Padli (PKS), Yudha Rinaldi (PDI Perjuangan) , Kartak Sas (PKB) , H Chairul S Matdiah (Demokrat), Prima Salam (Gerindra).

Koordinator reses yaitu Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhari menegaskan kalau Kota Palembang sebagai ibukota Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) hendaknya melihat dan mengerti kebutuhan masyarakat di level sampai bawah. “Karena bagaimanapun juga air itu sangat dibutuhkan di semua lini sehingga pemerataan air itu harus dijaga, tadi ada keluhan dari Alang-Alang Lebar yang satu minggu tidak ada air, kita berharap itu tidak akan terjadi,” katanya.

Sedangkan Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya Adani memastikan adanya kenaikan tarif air di Kota Palembang ada untuk 12,5 persen untuk masyarakat kecil, 15 persen dan 17,5 persen dan memang sudah ada cluster. “Untuk sambungan air luar Palembang jika kita mampu akan kita layani, karena kita sudah ada kerjasama dengan Banyuasin dengan OI melayani masyarakat di perbatasan dengan catatan air kita mampu,” katanya.

Mengenai sumbangan PDAM Tirta Musi ke PAD hanya Rp 50 Miliar menurutnya memang berdasarkan peraturan pemerintah dimana 55 persen dari keuntungan itu pihaknya kembalikan ke pemilik yaitu Pemkot Palembang dan sisanya 20 persen kembali ke karyawan sebagai insentif. “Ada 5 persen untuk namanya tentiem yaitu insentif untuk Direksi, Pengawas dan Komisaris, ada untuk CSR 4 persen, dana cadangan kembali ke perusahaan, biaya untuk sosial dan pendidikan. Kita sebagai operator air limbah, kita masih kurang dari nilai dari 85 , kita baru 77, jadi kita masih perlu meningkatkan kinerja kita agar bisa mengelola air limbah dengan baik,” jelasnya.

Pihaknya juga melakukan pelatihan, perbaikan manajemen kepada PDAM –PDAM lain seperti Tirta Randik (Muba), Lematang, Tirta Kayangan (Jambi), dari Riau. Serta pelatihan staf PDAM Tirta Musi di National University Of Singapura setiap tahun.

Laporan : Sandy
Posting : Imam Gazali