Dinas Perindustrian Sumsel Fasilitasi Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel memfasilitasi pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) merk terhadap Industri Kecil dan Menengah (IKM). Pendaftarannya cukup murah hanya dengan membayar uang pendaftaran Rp 500 ribu.

Ernilia Rizar selaku Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel melalui Kasi Pengembangan Teknologi Industri Yeni Febrianti SSi MSi mengatakan, pihaknya memfasilitasi pengajuan rekomrndasi pendaftaran HKI merk IKM. “Jika pembuatan secara umum membayar Rp 1,8 juta. Jika pendaftarannya melalui Dinas Perindustrian hanya dengan membayar cuman Rp 500 ribu. Pembuatan HKI Merk kami urus sampai selesai,” ujarnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (27/8/20).

Untuk syaratnya, lanjut Yeni, yakni dengan mengisi formulir, KTP serta memberikan logo merk industrinya. “Pembayaran pendaftaran HKI Merk Rp 500 ribu dibayarkan di bank. Setelah ada bukti pembayaran di bank, maka akan kami proses pembuatan HKI Merk di Kanwil Kemenkumham Sumsel,” katanya.

Menurutnya, membuat HKI Merk itu penting bagi IKM. Pasalnya, sesuai UU menggunakan merk orang lain bisa didenda Rp 5 miliar. “Perlindungan hak kekayaan intelektual itu diatur dalam UU. Pemberian HKI Merk tidak boleh nama pahlawan, nama kota. Kalau memenuhi syarat langsung kami proses,” bebernya. “Tiap tahun ada kuota gratis pendaftaran HKI Merk dari Kementrian Perindustrian. Tahun ini IKM yang sudah kami fasilitasi kuota gratis 129 IKM. Sedangkan yang sudah mengurus dengan biaya Rp 500 ribu berjumlah 40 IKM,” katanya.

Yeni menuturkan, pihaknya juga memfasilitasi izin usaha menengah kecil. Pembuatan izin itu benar-benar gratis. “Bawa contoh produk, isi formulir. Prosesnya cepat cuma 5 menit selesai,” katanya.

Yeni mengungkapkan, pihaknya juga memfasilitasi sertifikasi halal gratis. “Pengajuannya di sini, kami dikasih kuota 35 tahun ini. Data itu sudah kirim ke Kemenag Sumsel,” urainya.

“Kita juga ada program Rumah Kemasan. Kami memfasilitasi kemasan secara gratis. Kemasannya dan logonya. Kami juga kerja sama dengan ruang ide.com untuk membantu IKM di Sumsel membuat logo yang menarik,” pungkasnya.

Laporan : Akip
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *