oleh

Pemkab Banyuasin Bersama BPJS Sosialisasi Edabu ke Perangkat Desa

Securitynews.co.id, BANYUASIN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan dalam menyosialisasikan pemanfaatan aplikasi Edabu bagi kepala dan perangkat desa Se- Kabupaten Banyuasin di Auditorium Pemkab Banyuasin, Rabu (04/11/2020).

Kepala BPJS Kesehatan Banyuasin Bayu Saputra menyampaikan dalam rangka meningkatkan Capaian Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional segmen Kepala dan Perangkat Desa Kabupaten Banyuasin, dimana selama ini terhambat dalam proses pendaftaran ditambah lagi akses masing- masing desa untuk registrasi ke Kantor BPJS Kesehatan terbatas. “Berkaitan dengan hal tersebut diperlukan suatu kegiatan untuk memfasilitasi terselenggaranya sosialisasi aplikasi Edabu KP Desa ini,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi pemanfaatan aplikasi Edabu KP Desa ini, Kata Bayu, dimaksudkan sebagai upaya memudahkan masing-masing desa menambahkan perangkatnya ke Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), sehingga pada akhirnya diharapkan akan berdampak ke arah kepastian jaminan kesehatan bagi Kepala dan Perangkat Desa Kabupaten Banyuasin yang bersinergi dengan Visi dan Misi Bapak Bupati Kabupaten Banyuasin.

“Kabupaten Banyuasin memiliki 21 Kecamatan dan 288 desa dimana capaian Universal Health Coverage (UHC) sebesar 70,99% dari jumlah penduduk sebanyak 816.934 jiwa, dan segmen Kepala dan Perangkat Desa termasuk di dalam,” jelasnya.

Pemanfaatan aplikasi edabu KP desa ini mungkin dirasa terdapat beberapa kekurangan, dengan harapan beberapa masukan membangun hingga para user aplikasi dalam hal ini para Kepala Urusan Keuangan Desa sebagai PIC (Person In Charge) dapat memaksimalkan aplikasi ini

“Diharapkan setelah kegiatan sosialisasi ini berakhir, dapat terinformasikannya aplikasi edabu serta pemanfaaatnnya dapat digunakan dengan baik serta dengan penuh rasa tangggung jawab,” tandasnya.
Dalam Rakor Pembinaaan Kader TP-PKK Desa Timbul Jaya, Bupati Banyuasin Minta Ini

Bupati Banyuasin dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Banyuasin melakukan Rapat koordinasi Pembinaan Kader TP-PKK di Desa Timbul Jaya Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan, Rabu (04/11/2019).

Bupati Banyuasin Askolani yang memimpin kegiatan tersebut mengatakan seluruh OPD sampai tingkat desa harus memahami visi dan misi kabupaten Banyuasin, program kegiatan dan program gerakan dalam membangun Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera.

“Dengan adanya rapat koordinasi ini bertujuan untuk mendapatkan dan mendengarkan informasi langsung dari masyarakat terkait rencana yang telah dilakukan di daerah masing-masing. Menerima masukan kendala program dan kegiatan apa yang akan dilakukan kedepannya dan bahwa evaluasi pemerintahan Kabupaten Banyuasin untuk membuat kebijakan yang diungkapkan dalam APBD tahun 2021,2022 dan 2023,” jelasnya.

Menurut Askolani, periode kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Banyuasin Slamet Somosentono yang telah berjalan 2 tahun dan sisa 3 tahun lagi, masih banyak belum dilakukan untuk diwujudkan dalam menuju Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera.

Askolani masih belum puas dengan apa yang sudah dilakukan dan masih banyak lagi harapan dan keinginan masyarakat terhadap pembangunan dan pelayanan di kabupaten Banyuasin yang belum semua dapat dinikmati dan dilaksanakan.

“Sisa 3 tahun lagi merupakan tugas yang berat kita bersama diharapkan kepada OPD, Camat, Kapolsek, Danramil, Kades untuk membangun Banyuasin dalam menjaga keamanan agar masyarakat dapat berusaha beraktivitas dengan nyaman dan tenang,” tandasnya.

Laporan : Deni
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed