Pastikan Stok Daging dan Hewan Kurban Asuh, Disbunak OKI Terus Lakukan Pemantauan dan Pemeriksaan

Securitynews.co.id, KAYUAGUNG- Guna Memastikan ketersediaan daging sapi menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri nantinya masih tetap cukup tersedia dan Asuh (aman, sehat, utuh, dan halal), maka Disbunak OKI terus melakukan pemantauan dan pemeriksaan. ”Kita telah melakukan pemantauan dan pemeriksaan mulai dari pengecekan ketersediaan sapi di kandang, tempat pemotongan hewan sampai dengan di tempat-tempat penjualan daging yang ada di pasar Kayuagung, maupun di Pasar Tugumulyo,” ujar Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan OKI Aris Panani SP MSi saat diwawancarai awak media ini di Kantor Dinas Perkebunan dan Peternakan OKI (27/4).

Pemantauan dan pemeriksaan yang dilakukan sebelumnya oleh tim bertujuan selain guna memastikan ketersediaan daging sapi, daging ayam, dan telur di Kabupaten OKI yang dipastikan cukup untuk memenuhi permintaan konsumen, juga sekaligus mencegah beredarnya daging ayam tiren dan daging sapi oplosan yang dapat merugikan kesehatan masyarakat yang mengonsumsi produk hewan tersebut.

Menurutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan di Kecamatan Kayuagung, ketersediaan sapi diperkirakan cukup untuk memenuhi permintaan konsumen terhadap daging sapi hingga menjelang Idul Fitri mendatang.

Dengan pemantauan dan pemeriksaan ini selain untuk mengawasi dan mengontrol ketersediaan produk pangan asal hewan yang layak dikonsumsi juga untuk mengantisipasi hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti apakah layak untuk dijadikan hewan kurban atau tidak.

“Untuk mengantisipasi hewan kurban apakah layak atau tidak untuk dijadikan hewan kurban, maka kita tetap akan melakukan pengecekan fisik hewan kurban, kulitnya cacat atau tidak, begitu juga gigi hewan yang akan dijadikan hewan kurban, jangan sampai hewan kurbannya cacat. Tentunya juga harus memenuhi prinsip aman, sehat, utuh dan halal (Asuh). Tujuannya tidak lain agar masyarakat mendapatkan hewan kurban yang sehat dan cukup sesuai syariat Islam,” ungkapnya.

Laporan : Ali/Redy
Posting  : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *