oleh

Masuki Musim Kemarau, BPBD OKI Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Kemitraan Klaster Karhutlah

Securitynews.co.id, KAYUAGUNG- Menghadapi musim kemarau yang identik dengan kebakaran hutan dan lahan (karhutlah). Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (Pemkab OKI) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKI segera melakukan rapat koordinasi kemitraan dengan perusahaan dan LSM/NGO Peduli Lingkungan.

Kepala BPBD OKI, Lestiadi Martin melalui Kabid Penanganan Bencana dan logistik BPBD OKI, Fahrul saat diwawancarai wartawan media ini di ruang kerjanya, Rabu (14/4) mengatakan, dalam rangka mengantisipasi karhutlah di wilayah OKI seperti di tahun sebelumnya, di tahun pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dan konsolidasi kemitraan dengan 39 perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan juga dengan LSM/NGO Peduli Lingkungan, serta stokeholder lainnya.

“Dilakukannya rapat koordinasi dan konsolidasi kemitraan tersebut guna koordinasi mengenai klaster karhutlah serta untuk penanganan Karhutlah di OKI, karena dari informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Sumatera Selatan (Sumsel) termasuk Kabupaten OKI bahwa di pertengahan Bulan April 2021 akan memasuki musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Dimana puncaknya sepertinya akan terjadi di bulan Agustus nanti, bahkan di tahun ini kemungkinan besar bisa lebih panas dari tahun 2020 tapi lebih dingin dari tahun 2019,” ungkapnya.

Lanjutnya, mengenai jadwal kegiatan belum pasti masih menyesuaikan jadwal Bupati OKI, karena Bupati OKI berharap kegiatan tersebut dapat betul-betul dihadiri oleh kemitraan Klaster Karhutlah. ”Yang jelas kegiatan tersebut Insha Allah terlaksana, kalau tidak dalam bulan Ramadhan/April ini kemungkinan dilaksanakan setelah lebaran. Mengenai jumlah peserta rapat tentunya kita tetap memperhatikan Prokes Covid-19,” ujarnya.

“Yang jelas meski di tengah masa Pandemi Covid-19 ini, BPBD OKI bersama seluruh stakeholder yang ada di OKI tetap bahu-membahu guna meminimalisir Karhutlah. Bahkan diharapkan di tahun 2021 ini akan seperti di tahun 2020 “OKI Zero Asap,” tandasnya.

Laporan : Aliaman
Posting  : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed