oleh

Kedepankan Pola Preemtif dan Preventif, Operasi Keselamatan Semeru 2020 Serentak di Jatim

Securitynews.co.id, SURABAYA- Dua pekan kedepan, Polisi seluruh Indonesia akan serentak melakukan Operasi Keselamatan Semeru 2020. Namun, ada yang lain dalam operasi yang berjalan di tengah wabah Pandemi Covid-19.

Kegiatan Operasi Keselamatan Semeru 2020 akan dilaksanakan serentak di Polres jajaran Polda Jatim salah satunya Satlantas Polrestabes Surabaya, mulai 6 April hingga 19 April 2020.

Jika biasanya Operasi dilakukan dengan cara merazia kendaraan bermotor di beberapa titik kerawanan, dan menindak tegas pelanggar dengan ditilang, maka pada pelaksanaan tahun ini, Satlantas Polrestabes Surabaya mengubah cara penindakan dengan mengutamakan pola Preemtif dan Preventif karena kondisi terkini wabah Covid-19 masih berlangsung di Surabaya.

“Tidak ada razia selama Operasi keselamatan Semeru 2020 ini. Kami mengedepankan pola Preemtif dan Preventif dan sifatnya hanya imbauan pelanggaran lalu lintas kepada masyarakat,” sebut Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Chandra, Sabtu (4/4/2020).

Dalam Operasi Keselamatan Semeru 2020, masyarakat diimbau tetap memenuhi standar keselamatan dan kelengkapan berkendara. Nantinya juga akan ada tim Patroli Satlantas Polrestabes Surabaya yang akan menindak tegas pelanggar yang kasat mata melakukan pelanggaran.

“Tetap, pelanggar yang kasat mata di jalanan akan dilakukan penindakan terhadap masyarakat yang melanggar,” tambah Teddy.

Pelanggaran kasat mata itu seperti, tidak memakai helm atau kelengkapan berkendaranya tidak memenuhi standar, melawan arus, berboncengan tiga, atau berkendara dengan potensi laka lantas.

Melihat kondisi wabah Covid-19 yang masih terus meningkat jumlah penderitanya, Teddy mengimbau agar masyarakat tetap berada dirumah dan tidak keluar dijalanan tanpa ada tujuan yang penting.

“Hindari kerumunan, Jaga kesehatan dengan nutrisi yang cukup, Pastikan menerapkan Physical Distancing dan rajin cuci tangan, serta tetap berada di rumah,” tutup Teddy.

Laporan : Redho Fitriyadi
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed