oleh

Hari Kartini di Tengah Pandemi Corona, Feby Deru Ajak Kaum Perempuan Lebih Kuat dan Tangguh

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Selasa (21/04/2020) ini, diperingati rakyat Indonesia sebagai Hari Kartini. Pada tanggal ini pula, pejuang emansipasi perempuan RA Kartini dilahirkan 141 tahun lalu. Tokoh wanita ini lahir di Jepara, Jawa Tengah.

Kartini, lambang perlawanan pada era kolonial Belanda melalui dinding rumahnya. Hal itu masih relevan dengan kondisi saat ini. Kini masyarakat dan seluruh rakyat Indonesia melakukan perlawanan terhadap virus corona atau Covid-19.

Perayaan Kartini tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di tengah pandemi ini, Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru bersama Wakil Ketua 1 TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya dan kawan-kawan mewujudkan semangat Kartini dengan terus berjibaku di dapur umum PKK memasak menu istimewa berupa nasi, ikan patin acar kuning, terong cabe ijo, sambal, kerupuk, buah, dan air mineral.

Makin unik dan menarik, meskipun memasak dan mempersiapkan segala sesuatunya, Feby Deru bersama Fauziah Mawardi Yahya dan kawan-kawan, hari ini tampil anggun mengenakan busana kebaya.

“Iya ini kita tampil dengan kebaya, memperingati hari Kartini. Mencontoh semangat Kartini agar kaum perempuan tak mudah menyerah serta memiliki semangat juang yang tinggi. Saya mengajak kepada kaum perempuan untuk lebih kuat dan tangguh menghadapi masa-masa sulit,” katanya.

Terlebih lagi menurut Feby Deru, peran perempuan dalam keluarga menjadi pondasi penting dalam masa sulit ini. Perempuan dituntut lebih tangguh dan mandiri dalam menjaga keluarga, anak, dan cucu di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Menyikapi hal ini, pada hari ke-4 kami terus membagikan bantuan makanan 500 nasi kotak bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 juga masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi baik dirumahkan atau di-PHK. Bantuan ini tentu diharapkan dapat mengurangi dan meringankan beban perempuan dalam menyediakan menu makanan bagi keluarga,” ungkapnya.

Adapun Wakil Ketua 1 TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya menuturkan memasak dengan berbusana kebaya tidak membuat dirinya gerah ataupun kesulitan saat beraktivitas. Dikatakannya ia sudah terbiasa melakukannya dan senang mengenakan kebaya pada hari ini sebagai wujud perayaan hari Kartini.

Kepada para perempuan, khususnya para ibu rumah tangga Fauziah Mawardi Yahya berpesan agar selalu memiliki kekuatan dan kesabaran dalam melalui masa sulit ini.

“Tetap semangat kepada para ibu. Jaga selalu kesehatan diri juga keluarga. Tetap siaga dan terapkan pola hidup bersih dan sehat. Dalam beberapa hari lagi kita umat muslim akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Semoga para ibu tetap sehat dan kuat, karena kita ketahui para ibu yang paling sibuk sejak sebelum fajar menyingsing hingga petang bahkan malam hari mengerjakan tugas-tugas rumah tangga,” tandasnya.

Tak hanya memasak menu makanan saja, Feby Deru dan Fauziah Mawardi Yahya bahkan ikut serta membagikan langsung bantuan makanan 500 nasi kotak yang disebar di 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Kemuning, Kecamatan Sukarame, dan Kecamatan Talang Jambe. Keduanya bersama tim PKK Sumsel, Dinas Sosial Sumsel, dan PMI Sumsel mengantarkan bantuan makanan nasi kotak, masker, juga sembako ke para penerima bantuan ke rumah mereka.

Masyarakat penerima bantuan makanan seperti Maryam, perempuan lanjut usia berumur 90 tahun mengatakan dirinya benar-benar tak menyangka sekaligus terharu bantuan tersebut diantarkan langsung oleh Ketua TP PKK Sumsel bersama Wakil Ketua 1 TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya. “Terima kasih bu Feby dan bu Fau. Saya ini tinggal bersama anak saya yang tak memiliki pekerjaan tetap. Bantuan ini sangat membantu kami,” kata warga Kecamatan Kemuning itu.

Begitu pun yang dirasakan Mbah Uban. Warga Kecamatan Talang Jambe itu menyampaikan rasa syukurnya atas perhatian yang diberikan Pemprov Sumsel dan PKK Sumsel. “Alhamdulillah. bantuan yang diberikan ini benar-benar bermanfaat dan memang kami butuhkan. Kami mengalami kesulitan mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari,” ucap perempuan 70 tahun yang tinggal bersama anaknya yang pedagang rujak buah itu.

Tak lupa di hari ini juga, Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru dan Wakil Ketua 1 TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya menyampaikan ucapan Selamat Hari Kartini bagi kaum perempuan Sumsel di mana pun berada, sembari berpesan agar selalu siaga dan waspada terhadap wabah Covid-19.

Laporan : Akip/Ril
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed