SDN Rungkut Menanggal I Libatkan Orang Tua Siswa Dalam Lomba Perawatan Taman

Securitynews.co.id, SURABAYA- SDN Rungkut Menanggal I Surabaya semakin indah dan asri. Setelah menjuarai Surabaya Eco School 2022 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, sekolah yang dikepalai oleh Ika Suci Rahayu ini terus aktif mengelola lingkungan hidup.

Teranyar, SDN Rungkut Menanggal I menggelar Lomba Perawatan Taman. “Lombanya bukan hanya membuat taman, tetapi merawat taman. Jadi membuat taman dan merawatnya,” kata Ika Suci Rahayu, Kepala SDN Rungkut Menanggal I, yang juga peraih penghargaan Eco Headmaster (Elementary) of the Year 2022.

Lomba Perawatan Taman ini digelar selama 1,5 bulan, mulai 1 Februari sampai pertengahan Maret 2023. “Tim lomba taman ini adalah orang tua siswa kelas. Jumlah yang dilombakan berjumlah 22 taman. 9 taman di luar dan 13 taman di dalam,” tambah Ika Suci Rahayu.

Lebih lanjut Ika Suci Rahayu menjelaskan bahwa tanah dan pupuk yang dibutuhkan oleh tiap tim peserta lomba disediakan oleh sekolah. “Untuk kebutuhan tanaman hias disediakan sekolah berupa uang Rp 150.000,00 tiap kelas atau rombongan belajar. Untuk pembeliannya disertai nota yang diserahkan kepada kepala sekolah,” jelas Ika Suci Rahayu.

Tiap taman yang dibuat dan dirawat harus menggunakan pemanfaatan sampah nonorganik “Aspek ini termasuk upaya kami mengajak orang tua siswa ikut serta mengelola sampah non organik. Juga untuk efisiensi biaya,” lanjut Kepala SDN Rungkut Menanggal I Ika Suci Rahayu.

Menurut pemantauan Tunas Hijau, tiap hari selalu nampak orang tua siswa yang terus merawat dan mempercantik taman yang telah dibuat. Banyak orang tua yang beraktivitas setelah mengantar anaknya berangkat sekolah. Banyak ortu yang merawat taman siang hari. Banyak juga yang merawat taman saat sore hari, sepulang kerja. Tidak jarang yang melakukannya saat akhir pekan.

Laporan : Redho
Editing : Imam Gazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *