oleh

Resha: Bekerja Sebagai Satpam Itu Asyik

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Pekerjaan yang menarik dan asyik, juga dapat diandalkan untuk menopang keuangan keluarga serta jauh dari tindakan korupsi adalah Satpam. Demikian diungkapkan M Resha Maulana salah satu Security Guard yang bekerja di Hotel Peninsula Palembang saat diwawancara oleh wartawan Securitynews.co.id, Selasa (17/12/2019).

”Ya, satpam itu merupakan pekerjaan yang asyik karena bersinergi dengan Polisi dan TNI. Sebab itu, pekerjaan tersebut harus dijalani dengan penuh semangat dan keikhlasan meski mengandung resiko dan menuntut tanggung jawab yang besar,” ujar Resha.

Resha mengatakan, menjadi security hotel, selama bekerja, setiap hari, setiap jam mereka harus monitoring seluruh area hotel, area koridor, dan semuanya. Semua itu mereka lakukan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi pihak hotel dan pengunjungnya.

“Kita harus monitoring untuk memastikan semuanya aman. Mulai karyawan, tamu, dan aset hotel. Termasuk barang-barang mereka yang keluar masuk, harus kita harus cek. Sehingga tamu merasa aman dan tamu merasa happy di hotel ini. Hal itu semua diwujudkan dengan kinerja security yang profesional dan andal hingga rasa aman dan nyaman selalu terjaga di hotel ini,” ungkap Resha.

Menurut Resha yang sudah 8 tahun menjadi satpam. Keasyikan sebagai juga dapat mengenal tamu-tamu dari daerah lain. ”Sehingga wawasan dan pengalaman kita dapat bertambah. Bahkan tamu-tamu tadi ada yang dari luar negeri. Wah, pokoknya asyik banget satpam itu,” cetusnya seraya tersenyum.

Ketika diminta tanggapan jelang ultah Satpam ke-39 tahun nanti, Resha berharap seluruh satpam, karyawan maupun yang outsourcing, tetap semangat untuk bekerja.

Mendapatkan uang halal itu ujarnya sangat sulit namun walaupun besar resiko baginya harus dijalani dengan semangat karena security ini ujung tombaknya perusahaan. Kalau ada apa-apa pasti security yang tanggung jawab.

“Semoga teman-teman yang sedang bekerja terus semangat dalam bekerja. Saya dulu harapan menjadi TNI terus berapa kali tes tidak masuk, tidak apa-apa sebenarnya kerja itu apa saja, mau kerja kuli mau kerja apa yang penting halal dan kita jalani dengan ikhlas apapun pekerjaannya kita harus menghargai itu,” pungkasnya.

Sementara itu, HRD Peninsula Fitria Hartini ketika dimintai komentar mengenai profesi Satpam dia mengatakan sama saja seperti polisi. ”Tugas pengamanan lingkupnya saja yang berbeda, kalau polisi seluruh sektor kalau security hanya mengamankan wilayah di mana dia bekerja, dimana dia ditempatkan, itu adalah tanggung jawabnya. Jadi ya sama aja sebenarnya. Tugasnya kan untuk mengamankan lokasi di mana dia bekerja. Mengamankan bukan hanya mengamankan lokasi tapi seluruh apapun yang ada di dalam ruangan itu ataupun yang ada dibangunan itu,” ujar wanita yang akrab dipanggil Fitri ini.

Dengan adanya tenaga security di Hotel Peninsula selama ini sangat membantu dalam hal keamanan dan kenyamanan hotel dan pengunjung. Oleh karena itu Fitri sangat menghargai keberadaan para satpam yang menjadi baris terdepan pengamanan hotel.

“Satpam itu bagi kita sangat penting posisinya, sangat penting peranannya. Sebab kalau tidak ada satpam tidak ada keamanan. Jadi perannya satpam itu mungkin dianggap rendah oleh orang tapi bagi kami satpam itu sangat-sangat penting posisinya di sini,” tandas Fitri.

Laporan              : Sibawaihi
Editor/Posting  : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed