Reses Tahap II Tahun 2023, Ir. HM Kanoviyandri Rasyid, Anggota Dapil III (OKI-OI) DPRD Sumsel dari Partai Demokrat Tampung Puluhan Aspirasi

Securitynews.co.id, INDRALAYA- Memperjuangkan aspirasi atau keinginan rakyat atau warga di suatu daerah adalah kewajiban bagi setiap anggota dewan sebagai amanah yang diembannya. Hal itu juga dilakukan oleh Ir HM Kanoviyandri Rasyid, anggota Dapil III (OKI-OI) DPRD Sumsel dari Partai Demokrat tanggal 2-9 September 2023 lalu saat Reses Tahap II di 6 desa wilayah OI dan OKI. ”Saat reses seperti inilah kita akan tahu secara langsung berbagai masalah dan keluhan warga di dapil kita secara langsung. Dan hasilnya nanti akan kita ajukan dan dibahas dalam paripurna, sehingga akan didapat berbagai solusi dan jalan keluar terhadap beragam masalah yang kita serap. Ada puluhan aspirasi urgen yang disampaikan masyarakat nantinya yang akan diajukan ke paripurna,” ujar Bang Haji Ujang sapaan akrab Ir HM Kanoviyandri Rasyid ini, Jumat (9/9/2023).WhatsApp Image 2023-09-10 at 23.57.24

Adapun 6 desa/kelurahan yang menjadi sasaran Reses Tahap II kali ini meliputi:
1. Desa Sugih Waras Kecamatan Teluk Gelam OKI
2. Desa Serapek Kecamatan Teluk Gelam OKI
3. Kelurahan Tanjung Rancing Kecamatan Kayuagung OKI
4. Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu OI
5. Kelurahan Tanjung Batu Kecamatan Tanjung Batu OI
6. Desa Meranjat 2 Kecamatan Indralaya Selatan OI

Sosok Kanoviyandri Rasyid jebolan SMAN 1 Palembang angkatan 88 selama ini memang dikenal ramah, santun, dan familiar dengan siapa saja. Hal itu memang sejak lama telah ditanamkan oleh ayahnya, almarhum H. Rasyid Rais yang merupakan pejabat dan salah satu tokoh masyarakat di OKI pada zamannya.

Karenanya, warga yang mengetahui kedatangan Bang Haji Ujang ini di daerah mereka pun langsung disambut dengan antusias. Sebab, kesempatan reses dimanfaatkan warga selain untuk mengungkapkan berbagai masalah yang ada di desa, juga sebagai ajang lepas kangen dan rindu dengan Bang Haji Ujang.

Hal itu terbukti dari banyaknya warga yang datang saat Reses Ir HM Kanoviyandri Rasyid di Kabupaten OKI dan OI ini.

Kedatangan warga tersebut tanpa terkecuali diikuti juga para kades dan perangkatnya, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh pemuda, bahkan pihak keamanan setempat yakni Babinsa dan Babinkamtibmas pun terkadang datang.

Dari aspirasi ini Kanoviyandri menerima beragam usulan warga masing-masing desa. Mulai perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan, bantuan instalasi listrik untuk penerangan jalan, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, pembangunan rumah ibadah dan kantor desa, bibit ikan dan pupuk, bantuan untuk kesehatan, dan bantuan untuk pertanian hingga masalah UMKM.

Saat Reses di Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu OI, Kades setempat Erik Asrillah didampingi Sekdes Arianto, dan Rika selaku tokoh pemudi setempat mengucapkan terima kasih atas kedatangan Ji Ujang. ”Semoga kedatangan Bapak Haji Ujang akan membawa perubahan di desa kami. Kepada para undangan yang hadir gunakan kesempatan ini untuk menyampaikan pendapatnya,” tegas Erik.

Di Desa Burai ini, H. Kanovi menerima usulan dari tokoh masyarakat dan tokoh agamanya yakni berupa usulan normalisasi Sungai Desa Burai dan pembangunan tembok penahan tanah agar tidak terjadi longsor. ”Terima kasih atas usulan yang disampaikan, terkhusus kepada Pak Kades yang telah menyiapkan acara reses kali ini dengan begitu baik. Nah, atas usulan yang disampaikan Insya Allah akan segera kami sampaikan pada saat Paripurna DPRD Sumsel nantinya sehingga dapat diwujudkan sebagaimana harapan,” ujar H. Kanovi.

Saat Reses di Kelurahan Tanjung Batu OI, Ir HM Kanoviyandri Rasyid pun menerima usulan dari Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Sesepuh setempat. Antara lain dari Ibu Aminah yang ingin dibuatkan zebra cross di SP 4 Masjid Walimah. Sedangkan dari Bapak Darul Qutni mengusulkan rintisan Jalan Baru sepanjang 4 Km juga pembuatan jalan setapak agar mempermudah dan mempercepat transportasi.

Selain ratusan masyarakat, tampak hadir Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda di Kelurahan Tanjung Batu antara lain Bapak Benhur, Bapak Edi, dan Pak Aziz.

Saat berada di Desa Meranjat II OI, Ji Ujang menerima usulan bantuan motor pemadam kebakaran dari Ketua Bumdes, Irwan. ”Sebab jika terjadi kebakaran dapat segera padamkan seraya menunggu bantuan Petugas Pemdaman Pak,” ujar Irwan disambut tepukan hadirin.

Sedangkan dari tokoh masyarakat setempat yakni Bapak Muksin minta diadakan pelatihan keterampilan tentang jurus dan kiat memajukan Bumdes. Hadir pada Reses II di Meranjat II ini antara lain Kades Meranjat II Dedi Iskandar, Kades Meranjat I Fahrul Hadi dan Tokoh Pemuda Rian serta ratusan warga.

Untuk Reses II di daerah OKI meliputi Desa Sugih Waras Kecamatan Teluk Gelam, Desa Serapek Kecamatan Teluk Gelam, dan Kelurahan Tanjung Rancing Kecamatan Kayuagung, pun Ir. HM Kanoviyandri Rasyid, Anggota Dapil III (OKI-OI) DPRD Sumsel dari Partai Demokrat ini juga ”dibanjiri” usulan karena kedekatannya dengan masyarakat selama ini.

Saat Reses di Desa Sugih Waras Kecamatan Teluk Gelam OKI yang dihadiri Kades, Sekdes, dan ratusan warga ini, HM Kanoviyandri menerima usulan dari seorang guru bernama Ibu Aisyah yang minta dibuatkan gerbang atau gapura desa. ”Biar para tamu dan orang luar yang datang tahu bahwa mereka memasuki Desa Sugih Waras. Juga desa akan terasa indah kalau di pintu masuk ada gerbang,” ujar Aisyah seraya tersenyum.

Selain itu, Ji Ujang juga menerima usulan Kades setempat untuk dibuatkan Jalan Setapak di lokasi desa tersebut terkhusus menuju lokasi wisata yang ada di wilayah itu. ”Mudah-mudahan, dengan adanya jalan setapak, maka dapat meningkatkan wisatawan berkunjung ke desa kami sehingga dapat menghidupkan perekonomian warga dan meningkatkan income desa,” usul Kades.

Di Desa Serapek Kecamatan Teluk Gelam OKI yang dihadiri Sekdes Ida karena kadesnya baru saja meninggal, H. Kanovi menerima aspirasi dari tokoh masyarakat dan tokoh agama setemoat yakni Datuk Suwarni, Bapak Asrono, dan Bapak Heri Junaidi. Mereka mengusulkan pembangunan dam pinggir sungai guna mencegah erosi dan usulan agar Ji Ujang dapat membantu ambal masjid setempat.

Dan Reses II terakhir di wilayah Kelurahan Tanjung Rancing Kecamatan Kayuagung OKI. Di kelurahan ini selain hadir ratusan warga juga ada Ketua Lingkungan 2 Bapak Fuad, Ketua RT 4 Bapak Paiman, dan tokoh agama setempat yakni Ibu Umi.

Pada pertemuan itu, Bapak Paiman mengusulkan alat bajak sawah & tiang listrik. Sedangkan Bunda Umi mengusulkan pembangunan jalan setapak di RT 10.

Atas semua usulan tersebut, secara gamblang dan transparan, Ir. HM Kanoviyandri Rasyid pun menjawabnya, sehingga masyarakat puas dan dapat memakluminya.

Usai reses, Bang Haji Ujang menyempatkan diri untuk memantau dan bersilaturahmi warga yang ada di desa-desa lainnya. Khususnya kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakatnya guna menjaga dan meningkatkan silaturahim yang sudah terbangun dengan baik selama ini.

Laporan/Posting : Imam Gazali