PPSDM Geominerba Gelar Workshop Pengembangan UMKM di Sekitar Wilayah Tambang dan Geopark di Sumsel

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) melalui PPSDM Geominerba kembali hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengembangkan kompetensi sumber daya manusia di sektor geologi, mineral, dan batubara. Acara workshop tersebut dilaksanakan di Ballroom Hotel Novotel, Rabu (23-11-2022).

Dijelaskan melalui kolaborasi dengan dewan kerajinan nasional mendesain sebuah program yang bertajuk Derkaranas Goes to Geopark. “Bahwa program ini diharapkan mampu menstimulasi dan mengakselerasi kebangkitan kembali perekonomian di tengah-tengah masyarakat yang sangat terpuruk akibat Covid-19 yang berkepanjangan, sehingga diharapkan masyarakat pelaku UMKM khususnya mampu untuk survive dan tetap bersemangat, berkreasi, berimprovisasi, dan berinovasi untuk tetap produktif dan berkontribusi terhadap stabilitas dan percepatan perekonomian bangsa.

Program sinergi KESDM dan Dekranas dilaunching sejak tahun 2020 sampai dengan tahun ini. Melalui sinergi ini, PPSDM Geominerba mengadakan workshop pengembangan UMKM di sekitar wilayah tambang dan Geopark di Sumatra Selatan (Sumsel) dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai diversifikasi produk anyaman dan coiling bamboo.

Peserta juga akan diberi pembekalan mengenai sekilas tentang wawasan peran desain untuk meningkatkan daya saing produk serta wawasan digital marketing.

Workshop yang dilaksanakan selama 6 hari ini akan dimulai tanggal 19 November 2022 sampai dengan 24 November 2022 bertempat di Hotel Novotel & Residence Palembang Provinsi Sumsel. Dan workshop ini akan ditutup secara resmi oleh Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas, Endang Budi Karya Sumadi Rabu (23-11-2022) di Ballroom Novotel Hotel & Residence.
Dan acara penutupan tersebut akan dihadiri oleh,
1. Penasehat DPW Kementrian ESDM sekaligus anggota bidang wirausaha baru Dekranas, Ratna Arifin Tasrif
2. Pengurus DEKRANAS Bidang Wirausaha Baru, Metty Herinda.
3. Wakil Ketua DEKRANASDA Provinsi Sumsel, Fauziah Mawardi Yahya
4. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kementerian ESDM, Prahoro Nurtjahyo.
5. Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral, dan Batubara (PPSDM Geominerba), Kementerian ESDM, Dwi Anggoro Ismukurnianto.
6. Kepala Biro Umum, Kementrian ESDM, Upik Jamil
7. Pengurus DPW Kementrian ESDM
8. Para narasumber/instruktur, Adhi Nugraha, Freddy, Chrisswantra, Suwardji, Dwi Saptoto, Sutikno, Mizan, dan Untung.

Dan acara workshop ini akan diikuti oleh sebanyak 30 orang yang berasal dari 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumsel. Antara lain, Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Rawas, Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Pali, dan Prabumulih.

Dan salah satu maksud dan tujuan diadakannya WORKSHOP pengembangan UMKM di wilayah tambang dan Geopark Nasional di Sumsel dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai bagaimana menggolah material bambu dari daerah Sumatra Selatan menjadi produk souvenir untuk Wisatawan Domestic maupun mancanegara dan memberikan pengetahuan mengenai diversifikasi produk anyaman dan coiling bambu, peserta juga akan diberi pembekalan mengenai sekilas tentang wawasan peran desain untuk meningkatkan daya saing produk serta wawasan digital marketing.

 

Laporan : Sandy
Editing : Imam Gazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *