oleh

Optimasi Lahan Rawa (Opla) Mendukung Serasi di Kabupaten Muba

Securitynews.co.id, MUBA- Program Sejahterakan Petani (Serasi) menunjukkan hasil dan terbukti. Sebab dalam satu tahun petani mampu tiga kali panen di lahan rawa.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Ir. A Thamrin melalui Sumartono selaku Kabid Sarana dan Prasarana. Dia mengharapkan adanya Program Serasi ini lahan sawah terus ditanam tiga kali dalam setahun. Terlebih dengan modernisasi seperti dengan menggunakan alat mesin pertanian seperti alat berat eksavator.

“Saya harap Program Serasi ini terus berjalan dengan baik untuk meningkatkan produktivitas yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan petani,” ujar Sumartono dalam jumpa awak media di lapangan, Senin 16/12/2019.

Ketua Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Harapan Baru Desa Lumpatan 1, lmlawani mengatakan bahwa dengan Opla Program Serasi, sawah mereka di daerah Desa Lumpatan terbantu dan bisa dinikmati secara langsung dampaknya. ”Apalagi dengan mengoptimalkan lahan galian atau parit guna menampung air, maka kini 1 tahun kami bisa panen 2-3 kali,” tegas Imlawani.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Aan salah satu anggota Gapoktan Bagan 1 Desa Lumpatan 1. ”Opla Program Serasi ini memang sangat besar manfaatnya. Sebab dengan galian dalam Program Serasi kami tak khawatir lagi jika musim kemarau karena dari galian bisa menampung air,” cetusnya.

Laporan             : Soni
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed