MTQ Tingkat Kabupaten Banyuasin Resmi Ditutup, Kecamatan BA III Raih Juara Umum

Securitynews.co.id, LAHAT- Bupati Banyuasin, Askolani secara resmi menutup kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IX Kabupaten Banyuasin di Alun-Alun Kota Pangkalan Balai, Jumat (6/3/2020).

Dari pelaksanaan MTQ ini, Kecamatan BA III berhasil meraih juara umum dengan memperoleh 12 Emas, 7 Perak, dan 7 Perunggu.

Sedangkan juara kedua ditempati Sumbawa dengan perolehan 7 Emas, 4 Perak, dan 3 Perunggu dan untuk juara ke tiga diraih oleh Kecamatan Talang Kelapa dengan perolehan 4 Emas, 1 Perak, dan 4 Perunggu.

Bupati Banyuasin Askolani dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi pelaksanaan MTQ ini, khususnya bagi camat dan seluruh elemen masyarakat, serta bantuan pihak lain, yang telah mendukung penuh dan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan, sehingga dapat terlaksana dengan meriah.

Askolani berharap pelaksanaan ini diharapkan mampu menciptakan suasana yang kondusif, damai dan religius serta persaingan antar kafilah yang positif selama berlangsungnya pelaksanaan MTQ ini. Sehingga dapat terpelihara pada penyelenggaraan MTQ yang akan datang.

Dikatakannya, pelaksanaan MTQ merupakan momentum yang dapat menjadi sarana untuk memperkokoh silaturahmi, ukhuwah Islamiyah dan pengamalan nilai-nilai Alquran di kalangan umat Islam Bumi Sedulang Setudung Sesuai dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati yaitu Banyuasin Religius.

Terutama dalam menjadikan Alquran sebagai pegangan hidup yang hakiki dan menjadi nafas dalam menjalani kehidupan sehari-sehari.

Bupati Banyuasin mengucapkan selamat kepada para peserta yang berhasil mengukirkan prestasinya, dan memberikan semangat kepada peserta yang belum berhasil agar selalu berlatih dan berusaha untuk berprestasi pada kesempatan yang akan datang.

“Selamat kepada para Qari Qari’ah, Hafiz Hafizah, Mufasir dan Mufasirah yang meraih peringkat juara dalam MTQ ini, saya berharap semoga prestasi ini bisa dipertahankan di masa mendatang,” tukasnya.

Sementara Camat Banyuasin III Dra Hj. Yuni Khairani, M,Si. mengatakan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan doa dari masyarakat khususnya di Kecamatan Banyuasin III ini. ”Terus terang kami sangat bangga karena bisa manyandingkan dua Tropy juara umum yaitu Tropy STQ 2019 dan MTQ 2020 ini. Keberhasilan Banyuasin III menjadi juara umum MTQ ke IX tingkat Kabupaten tahun 2020 ini berkat kerja keras banyak pihak, terutama 47 org peserta yang kami kirim ke kompetisi ini. Mereka merupakan hasil seleksi tingkat kecamatan pada bulan Januari yang lalu. Kemudian kita laksanakan training centre di kecamatan selama 4 hari. Alhamdulillah mereka tampil dengan maksimal dan berhasil membawa BA III sebagai juara umum,” paparnya.

Yuni juga berharap, semoga 12 peserta yang memperoleh juara 1 bisa membawa Banyuasin berjaya di tingkat provinsi dan yang belum berhasil dapat juara agar dapat terus mengasah kemampuan untuk tampil lagi di kompetisi selanjutnya. ”Semoga kecamatan Banyuasin III mampu mempertahankan gelar juara ini sampai MTQ X yang akan digelar di Kecamatan Air Kumbang pada tahun 2021 nanti,” tegas Yuni Khairani.

Laporan : Deni
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *