oleh

Lahir 1 Juli, Dapat SIM Gratis di HUT ke-74 Bhayangkara

Securitynews.co.id, BANYUASIN- SIM gratis diberikan kepada warga kelahiran 1 Juli. Hal itu sebagai kado khusus saat HUT ke-74 Bhayangkara Tahun 2020 ini.

Karenanya, tampak puluhan warga yang lahir tanggal 1 Juli mengikuti program Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis pada Rabu 1 Juli 2020. Kebijakan SIM gratis ini tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri Jenderal Idham Azis bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Irjen Pol Istiono.

Dalam telegram itu disebutkan pelayanan penerbitan SIM di Satpas setiap wilayah di seluruh Indonesia diminta untuk memberikan pelayanan khusus dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74. Dalam pembuatan SIM gratis, masyarakat tidak akan dikenai biaya pembuatan SIM atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Pemberian pelayanan bebas biaya pembuatan SIM ini hanya untuk warga yang lahir di tanggal 1 Juli atau bertepatan dengan Hari Bhayangkara,” kata Baur SIM Satlantas Bripka Imam Suprayogi didampingi Benma SIM Polres Banyuasin Brigpol Dian Permana ketika dikonfirmasi, Rabu 1 Juli 2020.

Bripka Pol Imam Suprayogi mengatakan, layanan SIM gratis ini hanya untuk SIM A dan SIM C. Syaratnya membawa e-KTP asli dan fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori dan praktik, serta membawa SIM asli untuk proses perpanjangan. “Sampai saat ini sudah puluhan warga mendaftar program SIM gratis ini,” tegas Imam.

Imam berharap dengan adanya pelayanan SIM gratis ini lebih banyak menarik minat masyarakat agar selalu tertib dalam berlalu lintas di jalan raya.

“Ayo tertib berlalu lintas dimulai dengan melengkapi surat-menyurat kendaraan,” tandasnya.

Laporan : Deni
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed