Kantor Pos Muara Enim Salurkan Bantuan Pangan Pemerintah

Securitynews.co.id, MUARA ENIM- Sebanyak 50.066 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Kabupaten Muara Enim menerima bantuan. Penyaluran bantuan ini dilakukan secara simbolis di Halaman Kantor Pos Muara Enim, Selasa (11/4/2023).

Manager Kantor Pos Cabang Muara Enim Abdul Wahab menyampaikan, Program Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP-CBP) merupakan program dari Badan Ketahanan Pangan Nasional melalui Perum Bulog yang disalurkan kepada Penerima Bantuan Pangan (PBP) di seluruh Indonesia.

Secara Nasional Program ini telah dimulai pada 31 Maret 2023 dengan ditandai penyaluran perdana bansos di daerah Papua. “Untuk Kabupaten Muara Enim sendiri telah dimulai pada Minggu, 9 April 2023 dimulai penyaluran di Desa Tanjung Jati, Desa Muara Harapan, Desa Harapan Jaya, dan Desa Saka Jaya,” kata Abdul Wahab.

Disampaikannya, penerima bantuan untuk Kabupaten Mara Enim berjumlah 50.066 penerima yang tersebar dalam 22 kecamatan dan 255 desa/kelurahan. Masing-masing PBP akan menerima bantuan sebanyak 10 kg beras.

Secara administrasi kantor Pos, lanjutnya, PBP akan dilayani oleh 10 kantor Pos di bawah kendali Kantor Pos Muara Enim dan Kantor Pos Prabumulih.

Kabupaten Muara Enim melayani 11 kecamatan dengan 180 desa/kelurahan dengan Penerima sebanyak 26.131 PBP. Sementara Kantor Pos Prabumulih akan melayani 11 kecamatan dan 137 desa /kelurahan dengan penerima sebanyak 23.935 PBP. “Penyaluran BP-CBP dilaksanakan di desa/kelurahan, kantor Kecamatan dan Kantor Pos sendiri dalam wilayah Kabupaten Muara Enim. Sampai dengan kemarin droping beras yang kami terima secara bertahap dari KC Bulog Lahat sebanyak 64.780 kg dan telah berhasil tersalurkan sebanyak 27.520 kg dan 2.752 PBP,” tutupnya.

Sekretaris Daerah Muara Enim, Yulis yang hadir dalam kegiatan penyaluran bantuan itu meyampaikan, Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk Bantuan Pangan melaui Anggaran Pusat Badan Pangan Nasional.

Saat ini, kata Yulius, Pemerintah tengah menyalurkan Bantuan Pangan di seluruh Indonesia guna menjaga stabilitas pangan dan menekan lonjakan inflasi. “Bantuan disalurkan kepada masyarakat dalam Kabupaten Muara Enim sebanyak 50.066 KPM yang masing-masing akan mendapatkan 10 kg beras per bulan selama 3 bulan dimulai Maret hingga Mei 2023,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan penyaluran ini dapat membantu masyarakat serta menjaga stabilitas pangan dan menekan lonjakan inflasi.

Selain Sekda dan Kepala Pos Muara Enim, acara ini juga dihadiri beberapa kepala OPD di antaranya Dinas Ketahanan Pangan Muara Enim dan Kepala Dinas Sosial Muara Enim, Camat Muara Enim serta warga masyarakat penerima bantuan.

Laporan : Awang
Editing : Imam Gazali