Gubernur HD Imbau Kepala Daerah Waspada Masyarakat “Cak Cak Miskin” di Tengah Covid-19

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Gubernur Sumsel H Herman Deru memberikan arahannya agar pemkot dan pemkab di Sumsel waspada dalam memberikan bantuan baik berupa pangan dan lainnya kepada masyarakat miskin yang terdampak Covid-19.

Sebab menurut HD, di tengah Pandemi Covid-19 saat ini banyak bermunculan orang-orang yang mengaku miskin akibat dampak dari virus asal Cina tersebut.

Agar bantuan tersebut tepat sasaran, HD meminta agar pemerintah daerah melakukan seleksi ketat terhadap warga miskin baru tersebut. “Bantuan ini harus dicermati agar tepat sasaran. Saat ini warga miskin baru ada dua kategori. Yang pertama Miskin Benar Miskin (MBM) dan Cak Cak Miskin (pura pura miskin),” kata HD saat meninjau langsung posko penanganan Covid-19 di Kabupaten Lahat, Kamis (21/5) lalu.

Dimana jika tidak tepat sasaran, lanjut HD, hal itu akan berdampak buruk salah satunya kericuhan. “Di situlah hak orang yang membutuhkan dirampas. Kita sebagai pemerintah harus cermat agar hal itu tidak terjadi. CCM ini banyak beredar sekarang,” terangnya.

Menyoal penanganan Covid-19 di Sumsel, HD menegaskan jika upaya yang dilakukan telah maksimal. Seperti di beberapa kabupaten yang ditinjaunya langsung seperti Kabupaten Lahat dan Kabupaten Muara Enim.

“Di Lahat ini penanganannya tergolong baik. Meski ada yang positif namun upaya yang dilakukan sampai saat ini masih maksimal. Dan saya berharap upaya ini akan semakin baik sehingga Covid-19 ini dapat segera berakhir,” bebernya.

Sama halnya dengan di Kabupaten Muara Enim. Penanganan di wilayah tersebut juga cukup maksimal. Hal itu dibuktikan Kabupaten tersebut mampu menekan perkembangan kasus tersebut.

“Saya sengaja meninjau langsung karena kabupaten ini tetangga dengan kota yang menerapkan PSBB. Kerja yang baik ini harus juga didorong dengan disiplinnya isolasi terhadap masyarakat yang memiliki kontak erat dengan pasien. Berikan terus edukasi dan himbauan agar masyarakat semakin menyadari jika langkah ini bukan cuma untuk mendukung pemerintah namun untuk kebaikan mereka semua,” pungkasnya.

Laporan : Akip/Ril
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *