FSPSS Gelar Pelatihan Dasar Organisasi dan UMKM

SecurityNews. Co.Id, Palembang – Forum Suara Pemuda Sumatera Selatan (FSPSS), gelar pelatihan dasar organisasi dan pengenalan usaha mikro kecil menengah, dengan tema “ membangun pemuda mandiri, kreatif, berkualitas serta berkarakter,” di kantor Ballroom gedung DPD RI kota Palembang, Sabtu (19/12/20).

Acara yang digelar Forum Suara Pemuda Sumatera Selatan (FSPSS) ini mematuhi protokol kesehatan dengan ketat, dimana setiap peserta wajib memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan sebelum masuk ruangan di cek suhu tubuh.

Acara FSPSS ini betujuan untuk, mengenalkan dasar-dasar organisasi pada anggota FSPSS, meningkatkan kemampuan berorganisasi dan kesadaran politik sebagai anggota FSPSS yang baik dan bertanggung jawab.

Hal itu diungkapkan oleh, Muhamad Ali Husin, Ketua Forum Suara Pemuda Sumatera Selatan.

Tidak hanya itu, jelas Ali, tujuan selanjutnya meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan (eksistensi) pengurus dalam melaksanakan tugas-tugas organisasi.

“Kita juga bisa bersama-sama, belajar mendorong, membimbing serta mengarahkan potensi keorganisasian. Dan juga menumbuhkan, meningkatkan dan memantapkan kesadaran serta tanggung jawab sebagai pengurus FSPSS untuk berpartisipasi dalam mengembangkan dan meningktakan kualitas pemuda,” katanya

Lanjutnya, kegiatan ini juga memberikan tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku, kepribadian, budi pekerti, sopan santun dan disiplin dalam berbagai bidang kehidupan.

Pelatihan Dasar Organisasi (PDO) juga berfungsi sebagai salah satu piranti pengerakan dan motivator sumber daya yang ada dalam organisasi, “sehingga peran kepemimpinan diharapkan mampu mendinamisasikan anggota organisasi dalam mencapai tujuan,” ulasnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana acara Desta Nurkhoriyah mengatakan UMKM merupakan sektor usaha, yang memiliki peran penting terhadap perekonomian nasional. UMKM adalah penopang perekonomian suatu negara dalam menghadapi berbagai krisis.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, ekonomi Indonesia sangat berpengaruh, banyak usaha berskala besar yang mengalami kebangkrutan, akan tetapi sektor UMKM terbukti tangguh dan memiliki daya tahan yang kuat dalam menghadapi krisis tersebut,” ungkapnya.

Disisi lain, berdasarkan data yang ada dapat dilihat bahwa UMKM memiliki manfaat positif terhadap perekonomian nasional.

“Oleh sebab itu, FSPSS turut peran serta bersama pemerintah membangkitkan pemuda wirausaha, mengingat betapa pentingnya pengembangan usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah,” bebernya.

Staf Ahli Walikota Bidang Keuangan Penda Hukum dan Ham Altur Febriansyah menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan dari Forum Suara Pemuda Sumatera Selatan (FSPSS) menggelar pelatihan dasar organisasi dan pengenalan usaha mikro kecil menengah, dengan tema Membangun Pemuda Mandiri, Kreatif, Berkualitas serta Berkarakter.

“Kita ketahui ditengah pandemi, Palembang sudah masuk zona merah lagi. Pemuda diharapkan turut menggaungkan disiplin protokol kesehatan, 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta harus makan sehat dari makan,” katanya.

Sementara itu Forum Suara Pemuda Sumatera Selatan (FSPSS) menggelar kegiatan ini ditengah pandemi karena kepeduliannya terhadap UMKM. Diharapkan tahun 2021 perekonomian sudah pulih lagi,” paparnya.

“Karena pemuda sebagai penerus bangsa. Pemuda harus mandiri, kreatif, berkualitas serta berkarakter. Pemuda generasi emas, jadi harus berinovasi, berkreasi. Saya senang ditengah pandemi ini, acara dilaksanakan dengan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Anggota DPD RI Sumsel Arniza Nilawati menuturkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan Forum Suara Pemuda Sumatera Selatan (FSPSS) yang menggelar pelatihan dasar organisasi dan pengenalan usaha mikro kecil menengah UMKM).

“Melalui kegiatan diskusi ini kita bisa bedialog bersama-sama membahas agar UMKM di Palembang bisa bangkit lagi ditengah pandemi covid-19. Dengan adanya kegiatan dari Forum Suara Pemuda Sumatera Selatan (FSPSS) ,kita bisa memberikan informasi diantaranya tentang modal usaha, dan kita juga bisa menjalin silaturahmi,” bebernya.

Dikatakannya, ditengah wabah covid-19 ini, sektor UMKM juga ikut terdampak.

“Nah, melalui Forum Suara Pemuda Sumatera Selatan (FSPSS) ini menjadi wadah penyampaian informasi baik dari segi modal usaha dai asosiasi bank daerah, dan infomasi lainnya untuk meningkatkan kemajuan UMKM,” pungkasnya.

Dari pantauan, kegiatan itu juga dihadiri Anggota DPRD kota Palembang Ruspanda Karibulah, Anggota DPD RI Sumsel Arniza Nilawati, Staf Ahli Walikota Bidang Keuangan Pemda Hukum dan HAM Altur Febriansyah, dan  disponsori Bank Sumsel Babel dan Link Aja. (Akip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *