Festival Gerak, Seni dan Panen Karya Sekolah Penggerak Angkatan II, Penyerahan dan Apresiasi Pemenang Pembinaan Kreativitas Siswa Tingkat SD dan SMP di Ajang OSN, O2SN dan FLS2N Kabupaten Banyuasin Tahun 2023

Securitynews.co.id, BANYUASIN— Bupati Banyuasin H. Askolani didampingi Sekda Ir. Erwin Ibrahim dan Wakil ketua TP-PKK Banyuasin Hj. Neny Slamet membuka acara Festival Gerak, Seni dan Panen Karya Sekolah Penggerak Angakatan II juga Menutup serta Penyerahan dan Apresiasi Pemenang Pembinaan Kreativitas Siswa Tingkat SD dan SMP di ajang OSN, O2SN dan FLS2N Kabupaten Banyuasin Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di Gedung Graha Sedulang Setudung Pemkab Banyuasin, Kamis (22/06).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuasin Aminuddin dalam laporannya mengatakan Pelaksanaan Kegiatan Festival Gerak, Seni dan Panen Karya Program Sekolah Penggerak SMP Angakatan II ini bertujuan: untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik, dari aspek kompetensi kognitif, untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila dari aspek karakter, untuk mewujudkan Banyuasin cerdas. “Selain dari pada itu, Pelaksanaan Kegiatan OSN, O2SN dan FLS2N bertujuan untuk Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa guna meningkatkan mutu pembelajaran terutama di bidang Olahraga. Menumbuhkan motivasi peserta didik untuk menguasai dan meraih prestasi di bidang olahraga. Menjaring peserta didik unggul dalam bidang olahraga untuk diikutsertakan dalam kompetisi olahraga tingkat Provinsi dan Nasional. Peserta Festival Gerak, Seni dan Panen Karya Program Sekolah Penggerak SMP Angakatan II diikuti oleh 7 SMP.

Pelaksanaan O2SN, O2SN dan FLS2N Tingkat Kabupaten Banyuasin Tahun 2023 terdiri dari 21 Kecamatan dalam Kabupaten Banyuasin.

Bupati H. Askolani mengatakan Pemerintah Kabupaten Banyuasin sangat mendukung dengan Program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia yang telah meluncurkan Program Sekolah Penggerak yang merupakan visi pendidikan Indonesia vang terdiri dari dua hal yakni sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan profil pelajar Pancasila dan diawali dengan SDM yang unggul terutama kepala sekolah dan guru. Hal ini selaras dengan Misi Kabupaten Banyuasin Meningkatkan Kualitas SDM yang memiliki daya saing melalui Kesehatan dan Pendidikan yang berkualitas. “Kita semua harus selalu bersyukur karena pada tahun 2023 Kabupaten Banyuasin dapat melaksanakan Program Sekolah Penggerak melalui angkatan I, Angkatan Il, dan Angkatan III. Atas nama pemerintah daerah, Kami mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah pusat melalui program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan yang dinyatakan dalam tujuan Pendidikan nasional dapat diwujudkan secara maksimal, terutama di Kabupaten Banyuasin dalam mewujudkan Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera,” ungkapnya.

Bupati H.Askolani Berharap dalam kegiatan ini memajukan Pendidikan di Kabupaten Banyuasin yang mana kegiatan ini sangat selaras dengan salah satu Program Pemerintah Kabupaten Banyuasin yakni Banyuasin Cerdas, Banyuasin Religius dan program-program pemerintah khususnya Program pendidikan yang belum sepenuhnya tercapai. “Kegiatan ini merupakan moment yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak kita untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi secara seat sekaligus dapat memiberian pengalaman belajar yang baik, belajar beikerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan. Kami ucapkan selamat bagi siswa-siswi yang telah meraih juara dan telah mewakili sekolahnya di ajang ini. Sungguh suatu kebanggaan bagi kalian khususnya sekolah kalian karena telah mengharumkan nama sekolah dan berharap dapat membawa nama baik Kabupaten ke Tingkat Provinsi Sumatra Selatan bahkan ke Tingkat Nasional, amin,” tutupnya.

Sebagai informasi pada giat hari ini juga diserahkan sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat SMP Kabupaten Banyuasin Tahun 2023.

Untuk OSN diselenggarakan Lomba, Olimpiade Matematika, IPA, IPS, dan untuk O2SN Lomba Atletik, Bulutangkis, Pencak Silat, Karate, Kata Perorangan, dan Renang.

Turut Hadir Sekda Banyuasin Ir. Erwin Ibrahim, ST., MM., M.BA, Wakil Ketua TP- PKK Banyuasin Hj.Neny Slamet, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sumsel Aria Ahmad Mangunwibawa, Kepala Guru Penggerak Provinsi Sumatra Selatan Dra. Ohorella Erma staf khusus Banyuasin para Kepala Sekolah guru serta murid masing-masing sekolah.

Laporan : WT
Editing : Imam Gazali