Fakultas Magister Managemen Unsri Gelar Sriwijaya Economics, Accounting and Conference

Securitynews.co.id. PALEMBANG- Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang melalui Fakultas Magister Managemen (MM) mengadakan acara Sriwijaya Economics, Accounting and Conference. Society 5.0 For New Human – Centered Development: Opportunities and Challenges.

Kegiatan berlangsung di Gedung Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Bukit Besar, Rabu (6/11/2019).

Selaku narausmber Dr Agung Firman Sampurna,  Prof Zahirul Hoque Ph D,  Prof A. K. Dey,  Prof Dr Bernadette Robani, Prof Roszaini Haniffa Ph D, dan Rektor Universitas Sriwijaya Prof Dr Anis Saggaff.

Dr Agung Firman Sampurna mengatakan bahwa kemajuan teknologi berdampak baik, juga buruk.  Dimana hal kesiapan menghadapi society 5.0. Saat ini sudah masuk ke dalam masa society 4.0. Berbagai pekerjaan digantikan oleh mesin juga beberapa pekerjaan baru akan muncul.

“Kita mempersiapkan diri terutama kaum mahasiswa dan mahasiswi yang berperan aktif nantinya dalam society 5.0 yang harus memiliki pemahaman dalam hal informasi teknologi agar bisa memanfaatkan teknologi,” beber Agung Firman Sampurna, Keynote speaker sekaligus Ketua BPK RI ini.

Agung menjelaskan, dengan teknologi informasi banyak yang didapatkan serta dirancang menjadi pengetahuan yang menciptakan lapangan pekerjaan. Ada juga masalah dimana beberapa pekerjaan akan digantikan mesin dan robot. Tetapi ada masalah sebagian pekerjaan Jusmen yang dimiliki oleh manusia yang tidak bisa digantikan oleh robot.

‘’Seperti Dokter, mungkin robot bisa mengetahui sakit apa seseorang. Tapi robot tidak bisa memberikan tindakan secara cepat seperti kebanyakan dokter manusia,” jelasnya.

Ada juga pekerjaan yang akan timbul dan sudah ada saat sekarang. Seperti pekerjaan analisis games yang tidak ada 10 sampai 20 tahun lalu.

Rektor Universitas Sriwijaya Prof Dr Anis Saggaff menambahkan perkuliahan tidak seperti dulu lagi. ‘’Kuliah bisa online ini menunjukkan teknologi dapat mempermudah pekerjaan. Berbagai referensi baik dari dan luar negeri semua mudah diakses. Jadi perkuliahan tidak semata-mata Dosen menjelaskan mahasiswa mencatat tetapi lebih kepada diskusi. Unsri juga bekerja sama dengan berbagai tempat di dunia untuk berbagai bidang. Agar para mahasiswa bisa mengimplementasikan ilmunya secara langsung. Jadi mahasiswa bisa langsung terjun mempraktikkan ilmunya,’’ tegas Rektor.

Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang teknologi serta berwawasan luas. ‘’Agar mahasiswa mengatasi masa apapun di kemudian hari,” pungkasnya.

 

Laporan             : Akip

Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *