DPD KSPSI Sumsel Gelar Rakerda I Tahun 2024

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Konferensi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) menggelar Rakerda I Tahun 2024. Acara tersebut diadakan di Hotel Princces Palembang, Rabu (29/5/2024).Whatsapp Image 2024 05 29 At 18.21.01

Cecep Wahyudin SP ketua pelaksana yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPD KSPSI Sumsel mengatakan, bahwa Rakerda ini digelar dalam rangka menjalankan program Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) untuk mengambil keputusan atau membahas program kerja dan rekomendasi KSPSI 2 (dua) tahun ke depan. ”Dan setelah terbentuk program kerja tersebut akan kita laksanakan. Untuk mengadakan rekomendasi yang dihasilkan tentunya akan menentukan arah kebijakan baik terkait dengan pembangunan di Sumsel maupun situasi secara nasional, apalagi kita ketahui, Sumsel merupakan daerah heterogen yang berkembangnya di seluruh sektor, terutama pertanian, perkebunan dan pertambangan,” katanya.

Lanjut Cecep, di kepengurusan periode ini baru 6 bulan berjalan, pihaknya baru melaksanakan konsolidasi dengan semua pihak yang terkait baik dengan Pemerintah Daerah, Srakeholder, Pihak Kemitraan, Perusahaan, Kepolisian dan lainnya. “Selain itu kami juga sudah melaksanakan beberapa kegiatan yang internal, salah satunya yaitu penguatan organisasi, kunjungan kerja dan menjalin kerjasama di bidang usaha untuk anggota KSPSI,” ungkapnya.

Sambungnya lagi bahwa anggota yang tergabung dalam KSPSI Sumsel lebih kurang 1.7 juta orang dan yang baru memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) lebih kurang sebanyak 98 ribu orang.

Seluruh anggota KSPSI Sumsel tersebut semuanya bekerja di berbagai bidang yang merupakan sebagai pekerja yang mendapatkan upah diantaranya Perusahaan Industri, Perusahaan Perkebunan, Buruh Tani Kuli Angkut, Ojek Online dan lainnya,” terangnya.

Di tempat yang sama Ketua DPD KSPSI Sumsel, H Zainal Arifin Hulap SIP juga beberkan bahwa saat ini KSPSI Sumsel, telah menyiapkan beras murah untuk pekerja yang menjadi anggotanya, jika harganya dipasar lebih dari Rp 60 ribu perlima kilogram maka pihaknya akan menjual Rp 50.900 perlima kilogram.
Beras murah tersebut akan kami siapkan di Rakerda ini. Setelah ini kita persilakan KSPSI Kabupaten Kota untuk membentuk koperasi. Mungkin satu kabupaten kota bisa kita siapkan satu ton beras murah perbulan,” ujarnya.

Selain itu pihaknya sudah kerja sama dengan pengusaha pengembang, akan menyiapkan rumah murah bagi pekerja dan tentunya yang sudah menjadi anggota KSPSI.

Rumah murah tersebut merupakan rumah layak huni yang harganya murah dan tanpa uang muka. Rumah murah ini baru ada 20 unit yang terletak di Talang Jambe Kecamatan Sukarami Kota palembang. Jika sudah ada lebih dari 200 unit baru kita sebarluaskan.

Sambung Zainal, bahwa bagi para pekerja yang ingin bergabung menjadi anggota KSPSI Sumsel silakan datang langsung ke kantor yang beralamat di Jalan Veteran. Seluruh penerima upah merupakan pekerja termasuk juga guru dan pegawai baik honor maupun PNS. Kami siap membantu apapun yang berkaitan dengan tenaga kerja.

Laporan : Sandy
Posting : Imam Gazali