oleh

Dirjen PHI dan Jamsostek Gelar Dialog Tenaga Kerja

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Pembukaan Dialog Membangun Ketenangan Kerja dan Usaha di Perusahaan dilaksanakan di Sintesa Peninsula Hotel, Selasa (17/12/19)Palembang.

Diselenggarakan oleh Dirjen PHI dan Jamsostek Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Sumsel.

Kegiatan dialog juga dihadiri langsung oleh Kepala Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan, Ketua Umum PP Sp kep SPSI dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang.

Usai membuka Dialog Ketua Umum Pimpinan Pusat SP Kep SPSI R. Abdullah dalam wawancaranya mengatakan, hari ini adalah suatu inisiatif yang luar biasa baik sebab diinisiasi oleh Kementerian Tenaga kerja bersama dengan Pimpinan Pusat SP Kep SPSI, untuk menghadirkan kalangan serikat pekerja Sp Kep SPSI di wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Selain dialog sosial berkenaan dengan target harapan mengurai konflik juga informasi konflik dan harapan. ”Informasi awal tidak menutup kemungkinan pemerintah memiliki politikawil ke depan untuk mengkaji ulang undang-undang Ketenagakerjaan, Isu tentang PHK, isu tentang mekanisme perselisihan pekerja serikat buruh yang tepat tentang isu upah minimum dan juga isu tentang proses perselisihan,” tutup R. Abdulah

Abdulah Anang selaku Ketua DPD KS PSI Sumsel menambahkan, kalau masalah ketenagakerjaan yang pastinya nanti cukup banyak. ”Tadi menurut keterangan Dinas Tenaga Kerja alhamdulillah semua telah terselesaikan, walaupun masih ada beberapa kasus yang menjadi PR Dinas Tenaga Kerja Prov Sumsel,“ tambah Abdullah Anang.

”Ada bermacam-macam hak normatif yang belum diberikan oleh pengusaha. Hak normatif itu banyak seperti, upah, perlindungan terhadap pekerja, khususnya buruh harian lepas itu belum diikutsertakan di BPJS Ketenagakerjaan maupun Kesehatan. Pertama kami ingin mengapresiasi khususnya kementerian dan pimpinan pusat SP Kep SPSI, yang telah memberikan kepercayaan, kesempatan acara ini diadakan di Sumsel, yang sangat baik bagi ketenagakerjaan di Sumsel, terutama pada tingkat perusahaan,“ tambahnya.

Sementara itu, PT Semen Baturaja melalui PT Esbeyasa Pratama telah mempekerjakan tenaga kerja secara terus menerus hingga 20 tahun, kedua ada pekerjaan pokok yang diberikan kepada subkon yang seyogyanya pekerjaan itu tidak boleh dioutcorsing.

Edison selaku Kadisnaker Kota Palembang mengungkapkan, namanya bekerja kita pasti ingin ketenangan dan kenyamanan. ”Dialog seperti ini memang harus diadakan karena dengan dialog seperti ini dapat tersalurkan apa keinginan dari pekerja maupun perusahaan. Kalau bekerjanya enak nyaman tenang sudah pasti sejahtera dan semua aspirasi teman-teman pekerja atau perusahaan sudah pasti tenang maksimal dalam bekerja,“ tegas Edison.

Lebih lanjut Kadisnaker Kota Palembang berharap, dengan adanya kegiatan dialog seperti ini semoga ke depannya, kenyamanan, ketenangan para pekerja, dan perusahaan terciptanya keselarasan dalam bekerja yang maksimal,” tandasnya.

Laporan             : Akip
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed