Diknas Sumsel Targetkan Masuk 5 Besar LKS Tingkat Nasional

PALEMBANG, Securitynews.co.id | Pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Sumsel tahun 2022 dilaksanakan di aula SMK Negeri 2 Palembang, Selasa (19/7/2022).

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumatera Selatan, Drs H Edward Chandra, MH mengatakan, melalui Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Sumsel pihaknya bisa menyaksikan kreativitas siswa SMK se Provinsi Sumatera Selatan.

“LKS ini merupakan ajang lomba kompetensi siswa yang setiap tahun digelar. Ini merupakan ajang untuk mempersiapkan kompetensi siswa SMK ditingkat Provinsi. Sehingga juara LKS tingkat Provinsi Sumsel nanti akan dikirim ke tingkat nasional,” ujarnya.

“Seperti yang kita ketahui prestasi siswa SMK di ajang LKS nasional terus meningkat. Yang sebelumnya peringkat ke 26 kemudian 2 tahun terakhir Sumsel naik ke peringkat 8 besar LKS tingkat nasional. Mudah-mudahan tahun ini Sumsel masuk 5 besar nasional,” tambah Edward.

Lebih lanjut, Edward mengungkapkan, Gubernur Sumsel sangat mendukung kegiatan seperti ini dan terus mensupport kegiatan ini.

“Pesan saya kepada siswa SMK yang mengikuti LKS tingkat Provinsi Sumsel, gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Semakin banyak kreasi yang dibuat, itu menunjukkan kualitas siswa SMK di Sumsel semakin baik dan berkualitas,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs H.Riza Fahlevi M.M mengatakan, Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Sumsel ini untuk memotivasi siswa SMK se Sumsel agar percaya diri dan tetap semangat dalam berkompetisi.

“Di LKS SMK tingkat provinsi ini ada puluhan kategori perlombaan program keahlian. Yang semuanya itu nantinya akan dipertandingkan di tingkat nasional,” katanya.

Riza mengungkapkan, Gubernur Sumsel sangat mendukung seluruh kegiatan perlombaan siswa SMK di Sumsel. “Sebagai contoh, tadi ada pemberian piala dan hadiah dari Bapak Gubernur Sumsel kepada siswa yang berprestasi yakni siswa SMK di Banyuasin dan Lahat. Mereka berhasil mengharumkan nama Sumsel ditingkat nasional, walaupun bukan dari ajang LKS. Namun Bapak Gubernur sangat mengapresiasi prestasi siswa SMK yang berhasil mengharumkan nama Sumsel ditingkat nasional,” bebernya.

“Kepada anak-anak siswa SMK yang mengikuti LKS tingkat Provinsi Sumsel saya berpesan untuk menjaga kesehatan dan tetap semangat. Melalui perlombaan ini, kita ingin anak-anak siswa SMK terbiasa berkompetisi sehingga tidak gugup,” paparnya.

Kabid SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Mondyaboni SE SKom MSi menuturkan, semua siswa SMK yang ikut pada LKS tingkat Provinsi ini merupakan para siswa yang sudah menang di tingkat Kabupaten dan Kota. Pada tahun lalu Provinsi Sumsel berhasil meraih peringkat 8 besar LKS tingkat Nasional. Sedangkan pada tahun ini diharpakan dapat meraih prestasi lebih baik lagi.

“Saya berharap agar pada tahun ini bisa masuk lima besar LKS tingkat Nasional. Saya berharap pada para siswa untuk menjunjung tinggi nilai sportivitas sampai penutupan nanti,” tandasnya. (akip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *