Di Bulan Ramadan, 34 KPM Desa Durian Daun Terima Penyaluran BLT

Securitynews.co.id, BANYUASIN-Pemerintah Desa (Pemdes) Durian Daun di Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan pada Rabu 03 April 2024 menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat miskin ekstrem (ME) yang memenuhi syarat dalam menerima penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) untuk Kemiskinan Ekstrem yang dananya bersumber dari Dana Desa.

Penyaluran BLT Dana Desa disalurkan dan berlangsung di Kantor Desa Durian Daun yang disalurkan langsung secara simbolis oleh Kepala Desa Durian Daun Supri Suryadi. Hadir juga, Camat Suak Tapeh Bambang Setiadi SE MSi serta Pendamping Desa Febriansyah, Perangkat Pemerintahan Desa, Anggota BPD, juga para KPM penerima manfaat BLT DD. “Hari ini kita menyalurkan kembali BLT DD Kemiskinan Ekstrem untuk masyarakat Desa Durian Daun Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin. Harapannya kepada masyarakat penerima BLT dimanfaatkan BLT ini untuk keperluan dan kebutuhan penting dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Semoga terbantu bisa meringankan ekonomi masyarakat KPM,” saran Kades Supri suryadi.

Adapun besaran dana yang diterima KPM langsung sebesar Rp 900 ribu untuk bulan Januari, Februari, dan Maret. Artinya perbulannya menerima KPM menerima Rp.300 ribu, BLT DD disalurkan secara tunai kepada 34 KPM. “Semoga bermanfaat apalagi di bulan suci Ramadan menjelang lebaran ini gunakan dengan baik dan bijak,” kata Kades Supri Suryadi.

Dijelaskan Kades Supri, bahwa pada penentuan penerima BLT DD kemiskinan ekstrem didasarkan pada keluarga yang belum pernah menerima bantuan dari Pemerintah baik melalui PKH, BPNT, KKS, BST, Kartu Pra Kerja, maupun program bansos lainnya. “Kriteria penerima BLT DD tersebut tentunya ditetapkan melalui Musdesus, agar memudahkan pendataan calon KPM agar tidak menerima bantuan ganda atau timpang tindih yang bersumber dari anggaran Pemerintah, sehingga dapat terjadi pemerataan penyaluran bantuan sosial di masyarakat Desa Durian Daun,”pungkas Kades Supri.

Laporan : WT
Posting : Imam Gazali