oleh

Bangun Bank Sampah, Lurah Bukit Lama Palembang Pinjam Lahan Provinsi Sumsel

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Luar biasa perjuangan warga Kelurahan Bukit Lama yang dikomandoi Lurah Alexander, yang menginginkan adanya pengolahan sampah modern hingga bermanfaat bagi warga dan lingkungan. Dengan luas wilayah kelurahan yang mencapai 122 ha dan jumlah penduduk kurang lebih 43.102 jiwa, maka diharapkan pengolahan sampah yang kerap menjadi masalah justru akan diberdayakan secara maksimal sehingga membawa nilai manfaat yang lebih baik bagi lingkungan maupun masyarakatnya.

Hal itu terungkap, saat Alexander bersama 25 RT jajarannya menghadap Gubernur Sumsel H. Herman Deru di Griya Agung, Senin siang (30/9).

‘’Saya bersama 25 ketua RT, hari ini sengaja datang kepada Bapak Gubernur Sumsel, H. Herman Deru terkait pinjam pakai lahan Cagar Budaya Siguntang yang berlokasi di Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat 1. Maksud kami adalah meminjam pakai tanah situs Cagar Budaya Siguntang seluas 500 m2 untuk digunakan membangun tempat pengolahan sampah atau Bank Sampah dengan menggunakan Dana Kelurahan tahun 2019 ini. Sebab jika ini tidak berhasil, maka Dana Kelurahan sekitar Rp 332 juta akan dikembalikan ke Pusat,’’  ujar Alex saat melaporkan kedatangannya ke Griya Agung sejak pagi bersama para ketua RT tersebut.

Selain itu, Lurah Bukit Lama yang dikenal dekat dengan warga ini juga melaporkan beberapa alasannya. Antara lain, di lokasi cagar budaya selama ini sudah terdapat TPS (tempat pembuangan sampah) yang berukuran 4 x 4 meter, kebetulan lokasinya berdampingan dengan kantor lurah dan sekolah. Aroma TPS yang berada di pinggir jalan itu cukup mengganggu para pengguna jalan, tanpa terkecuali para siswa dan warga sekitarnya.

‘’Rencana kami TPS tersebut yang berada di arah Jalan Seruni akan kami pindahkan ke depan dekat pintu masuk Cagar Budaya arah Jalan Sultan M. Mansyur. Sekaligus akan kami bangun Bank Sampah Terpadu 3 R, sehingga dapat mengolah sampah organik dan anorganik agar dapat bernilai ekonomis juga menciptakan lapangan kerja baru bagi warga kami. Selain itu, menjaga lingkungan sekitar Cagar Budaya Siguntang agar lebih rapi dan terurus tanpa menghilangkan sejarah dan nilai-nilai historis yang ada di dalam cagar budaya itu sendiri. Karena lokasi yang kami maksud itu adalah milik Provinsi Sumsel, maka minta dan amat berharap kiranya Bapak Herman Deru berkenan untuk mengabulkannya,’’ jelas Lurah.

Menanggapi hal itu, Gubernur didampingi Asisten Bidang Kesra Ahmad Najib dan beberapa OPD tampak menerima usulan tersebut. ‘’Apapun yang menjadi kepentingan masyarakat tentu akan kami terima. Selama ini atau sejak tanggal 17 Juni 2019 lalu, sudah ada 9 usulan dan permintaan dari Pemkot Palembang ke Pemprov Sumsel dan semuanya kami kabulkan karena memang hal itu bermanfaat bagi masyarakat. Nah tanpa terkecuali usulan dari Bapak Lurah Bukit Lama, tentu akan kami terima,’’ tegas Deru.

Meski demikian, lanjut Gubernur, karena lahan tersebut bersentuhan dengan cagar budaya tentu akan hati-hati. Jangan sampai masalah ini justru menjadi sorotan. ‘’Karena itu, nanti saya minta kepada beberapa OPD bersama Bapak Lurah dan anggotanya untuk membentuk tim guna melakukan uji kelayakan dan survei lapangan. Setelah itu baru akan kami mantapkan usulan tersebut. Tapi intinya kami menerima. Namun meski demikian, kami juga akan mencari solusi atau lahan lain yang lebih strategis dan lebih pas lagi. Jika tidak ada, maka lokasi yang diminta sekitar 500 ha silakan dibangun buat pengolahan sampah terpadu yang bernilai ekonomis dan membantu masyarakat,’’ cetus H. Herman Deru.

Menyinggung Dana Kelurahan sebagaimana yang dilontarkan, Gubernur justru minta diberdayakan ke tempat lain saja yang dapat membawa manfaat bagi warga Bukit Lama. ‘’Jadi untuk masalah dana kelurahan, kalau memang memungkinkan tidak usah digunakan. Biarkan nanti Gubernur yang beli lahan dan akan kami anggarkan. Sebab ini demi buat kemaslahatan umat, tentu kami akan mendukungnya. Jadi silakan nanti bentuk Tim Kecil lalu ke lapangan untuk melihat lokasinya. Begitu pas ya silakan pijam dan pakai. Selebihnya semua persyaratan administrasi akan dilengkapi sambil jalan,’’ tandas Gubernur.

 

Laporan/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed