Bandel Saat Karantina Mandiri, 3 ODP di BA III Masuk Ruang Isolasi Mess Pemkab Banyuasin

Securitynews.co.id, BANYUASIN- Camat Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, Drs Yuni Khairani M.Si mengungkapkan, ada tiga warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) terpaksa dijemput untuk Isolasi ke Mess Pemkab Banyuasin. Mereka diisolasi karena bandel tidak mau melakukan karantina mandiri. Sebelumnya, ketiga ODP tersebut pulang dari Tangerang.

“Ada tiga ODP yang bandel sudah 6 hari pulang dari Tangerang kami karantina di rumah tetapi tetap berkeliaran dan tidak mau makan obat-obatan sesuai dengan anjuran yang telah ditentukan. Maka, kami tahan dan isolasi di Mess Pemkab Banyuasin, sehingga kini baru ada 3 orang yang kita isolasi antara lain, tiga ODP bandel, 2 warga Kayuara Kuning, dan 1 warga Kedondong Raye,” ujar Bu Camat saat dihubungi awak media via WA, Rabu (06/05/2020).

Tiga 3 ODP tersebut dijemput atas laporan pihak keluarga dan kepala lingkungan, karena warga di sekitar sudah heboh, takut terjadi apa-apa. ”Makanya, kita jemput dan dibawa ke isolasi di mess pemkab dan berada dalam pengawasan gugus tugas Covid-19 Kabupaten,” tegas Camat Banyuasin III, Dra.Yuni Khairunisa, M.Si.

Yuni panggilan akrab Bu Camat Cantik Berkacamata ini mengatakan bahwa warga tersebut sudah 6 hari datang dari Tanggerang dan sudah diperiksa di Puskesmas. Sebagai ODP harus diisolasi mandiri. Ternyata ODP tersebut agak bandel dan tidak mau mengikuti peraturan pemerintah Kabupaten Banyuasin tentang Covid-19 ini.

Karena warga ODP tersebut batuk pilek, diberi obat dari puskesmas tidak mau diminumnya, malah keluar rumah bepergian kesana-kemari, padahal sudah diperingatkan oleh RT, Bidan Desa, Babinkamtibmas, Babinsa, dan Lurah Setempat. Akhirnya dijemput paksa untuk diisolasi di Mess Pemerintah Kabupaten yang memang sudah disiapkan oleh pemerintah Kabupaten menjadi Ruang Isolasi biar bisa diawasi oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banyuasin.

Camat Banyuasin III juga mengimbau dan memperingatkan kepada masyarakat Banyuasin agar benar-benar mematuhi tata cara mencegah penularan Covid-19. Yakni, tetap tinggal di rumah, hindari kerumunan dan jika terpaksa pergi gunakan masker dan rajin cuci tangan pakai sabun setelah bepergian.

“Kepada RT dan RW untuk segera melaporkan bila ada warganya yang baru datang dari luar daerah ke Tim Gugus Depan Covid-19 biar diadakan pemeriksaan dari Tim Gugus Tugas Covid-19 guna menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan dan untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona,” tandasnya.

Laporan : Deni
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar