Asisten II Bid Perekonomian Pembangunan Pimpin Rapat Persiapan Launching GPISS dan Pasar Murah

Securitynews.co.id, MUARA ENIM- Pelaksana Tugas (Plt) Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Perekobang) H. Ahmad Yani memimpin Rapat Persiapan Launching Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak Sumatra Selatan (GPISS) dan Operasi Pasar Murah, Jumat (26/1/2024), di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Bappeda Muara Enim.

Plt Asisten II mengatakan, GPISS dan Operasi Pasar Murah ini didasari oleh tingkat inflasi Prov. Sumatra Selatan selama 3 (tiga) bulan terakhir yaitu Oktober s.d Desember 2023 yang cenderung tinggi di atas rata-rata Nasional, sehingga perlu dilaksanakan langkah konkret untuk mengendalikan tingkat inflasi di Sumatra Selatan salah satunya melalui Gerakan Operasi Pasar Murah.

Berdasarkan hasil rapat yang diselenggarakan oleh Biro Perekonomian Prov. Sumsel, lanjutnya, ditetapkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini jatuh pada Senin, 29 Januari 2024 yang diawali dengan arahan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada pukul 08:00 WIB sd selesai.

Kemudian dilanjutkan dengan Launching Pasar Murah oleh Pj Gubernur Sumsel serentak di 17 Kabupaten/Kota melalui Zoom Meeting.

Menindaklanjuti langkah konkret tersebut, Plt Asisten II dalam rapat tersebut merangkul dan mengajak BUMN/BUMS/BUMD yang berdomisili di Kabupaten Muara Enim untuk ikut berkontribusi dalam penyelenggaraan Pasar Murah yang rencananya ke depan akan dilaksanakan sebanyak 3x dalam seminggu selama 3 (tiga) bulan Januari- Maret 2024.

Plt Asisten II menjelaskan, Pasar Murah ini akan dilaksanakan di halaman Kantor Diskominfo Muara Enim dengan menjajakan berbagai bahan-bahan pokok pangan yang merupakan indikator utama dalam memengaruhi kenaikan inflasi di Provinsi Sumatra Selatan. Di antaranya beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, tepung tapioka, susu, bawang putih dan merah, cabai, serta tomat. “Tentunya ini merupakan tanggung jawab kita bersama selaku stakeholder yang ada di Kabupaten Muara Enim, untuk itu kita harus bahu-membahu bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pasar Murah guna menekan laju inflasi di Kabupaten Muara Enim dan Sumatra Selatan pada umumnya,” pungkasnya.

Nampak hadir di antaranya, Kadin TPHP, Kadin Ketapang, Kadis Perdagangan, Kadin Kominfo, Perwakilan Kejaksaan, Polres, Dishub, Satpol PP, Kabag Perekonomian & SDA serta BUMN/BUMD/BUMS yang berkesempatan hadir.

Laporan : Awang
Posting : Imam Gazali