Sebanyak 173 Personel Polres Siap Amankan Debat Calon Walikota Pagaralam

Securitynews.co.id, PAGARALAM- Dalam rangka upaya pengamanan debat pasangan calon walikota dan wakil walikota Pagaralam, Polres Pagaralam mengerahkan sedikitnya 173 orang personel polisi yang akan ditempatkan di tiga titik operasi pengamanan. Kelompok polisi yang tergabung dalam ring satu ditempatkan dalam ruangan tempat kegiatan debat kandidat berlangsung di Gedung Serbaguna SD 74 Gunung Gare. Sementara pasukan pengamanan grup ring dua akan berjaga di luar gedung tempat kegiatan, selanjutnya anggota polisi yang tergabung dalam ring tiga akan beroperasi di akses jalan sekitar tempat pelaksanaan debat calon walikota.

 

Kapolres Pagaralam AKBP Erwin Aras Genda, SH, SIK, MT melalui Kabag Ops Kompol Heriwidodo SH menyebutkan bahwa kondisi keamanan debat calon walikota dan wakil walikota Pagaralam berlangsung kondusif. “Tidak ada ancaman gangguan Kamtibmas, baik dari internal dan eksternal wilayah hukum Polres Pagaralam,” jelas Heri Widodo menyebut mengantisipasi prilaku pendukung pasangan calon walikota dan wakil walikota yang datang menyaksikan acara debat di lokasi kegiatan.

Namun ia meyakini acara Debat Calon Walikota Pagaralam pada hari Senin 28 Oktober 2024 akan berlangsung aman. Menetralisir kemungkinan ancaman gangguan Kamtibmas di lokasi debat. Aparat kepolisian meminta masyarakat pendukung pasangan calon walikota untuk tidak bertindak provokatif pada gelaran debat dalam  rapat koordinasi bersama Tim pemenangan pasangan calon walikota Minggu siang.

 

Sementara itu masyarakat berharap pihak kepolisian dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal mengamankan kegiatan acara debat calon walikota dan wakil walikota Pagaralam Senin pagi. “Kita memiliki ekspektasi terhadap aparat kepolisian dalam pengamanan acara debat calon walikota,” ujar Astan (63) salah seorang Ketua Tim Pemenangan pasangan calon walikota dan wakil walikota Pagaralam.

 

Ia menambahkan mendukung tugas polisi bekerja menyukseskan Pilkada serentak 2024. Dikabarkan pihak penyelenggara Komisi Pemilihan Umum membatasi jumlah pendukung pasangan calon yang ikut masuk dalam gedung sejumlah Lima Puluh orang. Sementara pendukung pemenangan yang lainnya dapat menyaksikan acara debat di posko masing masing calon walikota melalui situs resmi KPU Pagaralam.

 

Laporan : rf/wan

Posting  : Imam Gazali