Wujudkan Toleransi dan Kerukunan Umat Beragam di Muba

Securitynews.co.id, SEKAYU- Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melalui Staf Ahli Bupati Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan Ibnu Sa’ad SSos MSi menghadiri Upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-75 Tahun 2021. Upacara ini dilaksanakan pada hari Selasa (5/1/21) bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muba.

Selaku pemimpin upacara Staf Ahli Bupati Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan H Ibnu Sa’ad SSos MSi menyampaikan, peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun”. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

“Di usia 75 tahun Kementerian Agama, mari kita memaknai segala prestasi yang telah dicapai dan menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi di masa mendatang. Kementerian Agama memberikan anugerah penghargaan dan apresiasi kepada seluruh elemen umat beragama tanpa membedakan satu sama lain, atas dukungan, sinergi dan kebersamaannya mengawal tugas-tugas kementerian agama,” ujarnya saat membacakan sambutan Menteri Agama RI saat memimpin upacara.

Disebutkan juga, pengembangan toleransi dan kerukunan antarumat beragama merupakan karya bersama para tokoh Agama, Menteri Agama dan Aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa, tanpa toleransi, tidak ada kerukunan. Toleransi dan kerukunan antarumat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama.

Pengalaman membuktikan toleransi dan kerukunan tidak tercipta hanya dari satu pihak, sedangkan pihak yang lain berpegang pada hak-haknya sendiri. Setiap umat yang beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing.

“Semoga pada upacara Hari Amal Bakti ini, dapat mewujudkan semangat baru Kementerian Agama dalam memanajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik. Penguatan moderenisasi beragama, dan menjalin silaturahmi yang baik dengan antar saudara sebangsa dan setanah air,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Muba Drs H Subrata MPdi mengatakan, peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Tahun ini berbeda dari biasanya dikarenakan Covid-19. Upacara ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Meskipun acara ini dilaksanakan dengan sederhana tetapi tidak mengurangi rasa khidmat dalam memperingati HAB.

Adapun tema yang di angkat pada Hari Amal Bakti Tahun 2021 yaitu Indonesia Rukun. “Dengan mengusung tema tersebut dan memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh Pemkab Muba, “Semoga kita di Kabupaten Muba dapat bersinergi untuk senantiasa menciptakan kerukunan dan mengedepankan akal sehat, bijaksana dalam membuat keputusan menyikapi berbagai persoalan,” tandasnya.

Laporan : Sony/Ril
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *