Tahun 2021 Bangun Poros Jalan Lalan Sepanjang 38,7 Kilometer Diberi 1.200 Unit Penerangan

Securitynews.co.id, SEKAYU- Setelah pada Desember 2019 lalu Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA menuntaskan persoalan listrik dan membuka jalan poros di Kecamatan Lalan, maka pada tahun 2021 mendatang mantan Anggota DPR RI dua periode ini akan membangun jalan poros dari barat sampai ke timur di Kecamatan Lalan sepanjang 38,7 kilometer. Yakni dari P20 Desa Suka Makmur sampai Karang Makmur Primer hingga tembus jalan negara.

Hal ini diungkapkan Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA saat Groundbreaking Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) Kabupaten Musi Banyuasin di Halaman Kantor Camat Lalan Desa Bandar Agung Kecamatan Lalan, Selasa (29/9/2020).

“Tahun 2019 lalu sesuai janji saya menuntaskan persoalan listrik, nah tahun 2021 nanti saya akan bangun jalan sepanjang 38,7 kilometer dan akan diberikan penerangan berupa lampu jalan Tenaga Surya sebanyak 1.200 unit,” ungkapnya.

Dikatakan, untuk membangun jalan tersebut dirinya mengucurkan anggaran melalui APBD Muba TA 2021 sebesar Rp 15 miliar.

“Mulai tahun depan Inshaa Allah dianggarkan dan akan menjadi yang pertama kali satu-satunya jalan poros yang dibangun di Kecamatan Lalan, dimana sudah puluhan tahun mendambakan adanya akses yang lebih cepat untuk mengeluarkan hasil komoditas mereka ke daerah-daerah sekitar, khususnya di Palembang dan Sungai Lilin,” pungkasnya.

Dibuatkan jalan poros barat hingga ke timur karena ini merupakan akses ke depan dengan dimasukkan pada program TMMD yang bekerja sama dengan TNI. “Diharapkan ini akan memotong cost dari harga-harga komoditas yang keluar dari Kecamatan Lalan ini, sehingga bisa memakmurkan para petani khususnya petani jagung, petani beras, dan kelapa sawit,” tambah Dodi.

Semua ini adalah untuk melengkapi infrastruktur yang sudah dibangun di kecamatan perairan yang selama ini aksesnya hanya bisa ditempuh melalui akses sungai maupun dengan kendaraan roda dua.

“Dengan dibangunnya jalan ini, hasil perkebunan dan komoditas yang ada di Lalan dapat keluar daerah dengan ongkos yang murah,” terangnya.

Menurutnya, meski berada di kawasan perairan namun Kecamatan Lalan harus menjadi daerah yang maju dan masyarakatnya sejahtera. “Akses menjadi mudah, warga Lalan tidak lagi tertinggal,” harapnya.

Selain itu Musi Banyuasin kami mendapatkan alokasi kurang lebih sekitar 5000 PLJ-TS dan kemungkinan ada penambahan lagi.

“Untuk Kecamatan Lalan 1200 titik PLJ- TS akan kami ke sebar di jalan poros tersebut termasuk di desa-desa sekelilingnya sehingga bisa menambah penerangan malam hari. Kenapa tenaga surya karena bisa kita katakan untuk sumber energi panas matahari di Lalan sangat baik untuk menyerap dengan solar panel sehingga dari sisi efisiensi energi juga bisa sangat terbantu,” jelasnya.

Direktur Muba Elektrik Power (MEP) Augie Bunyamin menyebutkan Kabupaten Musi Banyuasin di bawah kepemimpinan Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA berhasil mendapatkan hibah untuk mendapatkan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS).

“Alhasil Muba mendapatkan 1.200 unit lampu jalan tenaga surya atau matahari, dan diperuntukkan bagi Kecamatan Lalan,” bebernya.

Lanjut Augie, bantuan pemerintah pusat tersebut bagian dari mendukung program Bupati Muba untuk mewujudkan Muba terang-benderang. “Dengan bantuan lampu jalan ini nantinya warga Lalan tidak was-was lagi kalau keluar malam hari,” ucapnya.

Tokoh masyarakat Kecamatan Lalan, H Akrom mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Bupati Muba Dodi Reza terhadap Kecamatan Lalan.

“Di era kepemimpinan Pak Alex Noerdin dan Dodi Reza inilah kami warga masyarakat Lalan dapat menikmati pembangunan yang sangat maksimal,” ungkapnya.

Lanjutnya, pembangunan Kabupaten Muba dibawah kepemimpinan Bupati Dodi Reza sangat merata dan menyentuh ke daerah pelosok.

Ia berharap, agar pembangunan infrastruktur di Kecamatan Lalan terus berkelanjutan. “Terima kasih pak Bupati Dodi Reza, warga Lalan siap berkontribusi maksimal mewujudkan Muba Maju Berjaya di tahun 2022,” pungkasnya.

Dalam kesempatan Groundbreaking Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) Kabupaten Musi Banyuasin di Halaman Kantor Camat Lalan Desa Bandar Agung Kecamatan Lalan, Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ turut didampingi, Dandim 0401 Muba Letkol Arh Faris Kurniawan SST MT, Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya SH SIK, Anggota DPRD Muba Iwan Aldes dan Sekretaris Daerah Muba Drs Apriyadi MSi serta Kepala OPD Muba dan Camat Lalan Andi Suharto SSTP MSi.

Laporan : Sony/Ril
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *