Sekarang Tinggal Doa, Menuju Sumsel Tuan Rumah FIFA U-20

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Usai melakukan inspeksi di Stadion Gelora Jakabaring, Selasa (11/2/20) sore Gubernur Sumsel H.Herman Deru beserta Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan, Wakil Ketum PSSI, Kemenpora RI, Kemen PUPR, melanjutkan inspeksinya ke Stadion Bumi Sriwijaya terkait kesiapan Sumsel menyongsong FIFA World Cup U-20 Tahun 2021 di Indonesia.

Meski hanya singgah sebentar di stadion ini, Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan alias Iwan Bule mengakui bahwa kesiapan Sumsel cukup mumpuni. Meskipun tak dipungkirinya mesti ada renovasi kecil-kecilan seperti rumput dan lainnya.

“Ya cukup mumpuni walaupun mungkin akan ada renovasi kecil-kecilan. Kalau rumput sih hampir rata-rata semua stadion latihan semua begitu,” ujar Iwan kepada awak media.

Dari hasil inspeksinya Iwan mengutarakan bahwa seat dan pagar pembatas di Stadion Bumi Sriwijaya sudah sangat baik. Terlebih jika hanya digunakan untuk latihan karena pemenuhan fasilitas lebih condong ke kamar ganti pemain. “Saya kira sudah terlalu banyak kelebihannya apalagi ini di tengah kota. Tinggal nanti Pak Gubernurnya mau renovasi atau mau dibangun yang sisa di sana (Jakabaring). Tapi yang saya lihat dua-duanya cukup oke untuk tempat latihan,” tambah Iwan.

Mengenai peluang Sumsel sebagai salah satu tuan rumah FIFA World Cup U-20 2021, Iwan mengatakan akan ditentukan pada bulan April mendatang. Karena saat ini pihaknya masih akan melakukan inspeksi serupa di Pekanbaru dan Bali. “Kalau Jakarta mungkin kita sudah tahu ya (kondisinya). Jadi tinggal dua itu saja,” ujarnya.

Mengenai kelebihan yang dimiliki stadion-stadion di Sumsel, Iwan juga mengatakan bahwa cukup banyak dibandingkan daerah lain terutama soal pengalaman baik nasional maupun internasional. Begitu juga sarana akomodiasi dan transportasi yang sudah terkoneksi.

“Keamanannya juga sudah teruji. Sekarang yang terpenting kepala daerahnya harus jemput bola. Untuk menyongsong FIFA World Cup U 20 Tahun 2021 itu. Itu penting sekali buat kami. Peluangnya Insya Allah,” ujar Iwan.

Di tempat yang sama Gubernur Sumsel H. Herman Deru masih didampingi Ketum PSSI mengatakan, bahwa rangkaian proses inspeksi sudah berjalan lancar. Dan tim dari PSSI sudah melihat langsung kesiapan stadion yang dimiliki Sumsel.

“Harapan saya tinggal lagi doa dari masyarakat Sumsel untuk membuka hati panitia agar mau menentukan Sumsel sebagai tuan rumah FIFA World Cup U-20 2021,” harap HD.

Lebih jauh dikatakannya, sejak siang dia sudah menemani Ketum PSSI dan rombongan melakukan inspeksi. Kedatangan rombongan ini diakuinya sangat membantu pihaknya mempersiapkan diri sebagai salah satu calon tuan rumah. Terutama mengenai apa-apa syarat yang dibutuhkan FIFA. Termasuk soal pembenahan infrastruktur seperti disarankan Ketuk PSSI.

“Harapan saya jika infrastruktur ini bisa kita segera benahi tentu akan ada penilaian khusus. Apalagi kita ada pengalaman dalam menyelenggarakan event internasional dan pengalaman ini tidak mungkin diraih komptetior dalam waktu satu tahun ini. Kita pernah tuan rumah SEA Games, Asian Games dan PON juga. Semua stadion sudah ditinjau, kalau soal penggantian rumput itu lumrah. Sekarang yang paling penting adalah doa dari masyarakat Sumsel,” tandasnya.

Laporan : Dewi
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *