Poedji Loekitowati Jadi Guru Besar Unsri

Securitynews/co.id, PALEMBANG – Sidang terbuka Senat Universitas Sriwijaya mengukuhan Prof. Dr. Dra. Poedji Loekitowati Hariani, M.Si menjadi Guru Besar Unsri Bidang Ilmu Kimia. Pengukuhan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pascasarjana Unsri Jalan Srijaya Negara Bukit Besar Palembang, Jumat (29/11/2019).

Hadir pada Pengukuhan Guru Besar tersebut, Ka Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumsel, Ketua Senat Universitas Sriwijaya, Rektor Universitas Sriwijaya Prof Dr Ir H. Anis Saggaff MSCE, Sekretaris Senat dan Anggota Senat Universitas Sriwijaya, Para Guru Besar juga Wakil Rektor I, ll, lll, dan lV Universitas Sriwijaya.

Karya Guru Besar Poedji Loekitowati Hariani, M.Si ini berjudul “Nanomagnetik: Tren Masa Depan Dalam Mengatasi Pencemaran Lingkungan.”

Usai pengukuhan, dalam pidatonya Poedji mengatakan, bahwa Revolusi Industri 4.0 merupakan harapan dan tantangan bagi Indonesia. Khususnya pada sektor kelestarian lingkungan hidup. Pengertian industri 4.0 di sektor lingkungan adalah dimana semua elemen meningkatkan dan berpihak kepada daya dukung lingkungan.

”Esensi dari revolusi industri 4.0 ialah industri yang ramah lingkungan sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Era revolusi industri 4.0 akan mempermudah dalam pemantauan pencemaran dan perubahan iklim global melalui data-data lingkungan yang dapat diakses dengan mudah serta mampu menjadi early warning system dalam mengatasi permasalahan yang ada,” ujar Poedji.

Poedji juga mengatakan, dengan selesainya guru besar ini, dia sudah mencapai tingkatan pangkat tertinggi tetapi itu belum selesai. ”Saya masih punya tanggung jawab untuk mengembangkan penelitian, pendidikan untuk menjadi lebih baik lagi,” jelasnya.

Laporan             : Akip
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar