Herman Deru Ingatkan Kepala Daerah Kompak Mendorong Kemajuan Sumsel

Securitynews.co.id, SEKAYU- Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan (Sumsel) harus tetap kompak dalam mendorong majunya Sumsel di segala sektor sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing daerah. Ajakan tersebut diungkapkan Gubernur Sumsel H. Herman Deru saat menyampaikan sambutan pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dengan agenda Peringatan Hari Jadi ke-64 Kabupaten Muba di Sekayu, Senin (28/9).

“Di suasana waktu serba terbatas karena Pandemi Covid saat ini, kita justru mendapatkan ilmu baru. Kita dituntut kompak berpacu dalam berfikir secara maksimal mencari terobosan baru, inovasi baru. Saya pikir kalau inovasi dilakukan tidak hanya satu kabupaten, tetapi juga diikuti oleh 17 kabupaten/kota, maka akan menjadi kekuatan bagi Provinsi Sumatera Selatan,” tuturnya.

Lebih lanjut Herman Deru menyebut, dirinya secara rutin melakukan kunjungan ke daerah, hasilnya dia mengetahui kayanya Sumsel dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing Kabupaten/kota. Meski potensinya tidak sama jika dilelola dengan baik maka akan menjadi kekuatan yang luar bisa bagi Sumsel.

“Kita tahu kalau potensi sumber energi ada di Muba, potensi pangan ada di Banyuasin dan OKU Timur, pertambangan ada di Lahat dan Muara Enim. Belum lagi potensi di kabupaten/kota lainnya. Karena itu kita harus kompak dalam berbuat, kita harus sama-sama berpikir demi kemajuan Sumatera Selatan,” imbuhnya.

Terkait dengan HUT ke-64 Kabupaten Muba tahun 2020, Herman Deru menegaskan, dirinya mengapresiasi kemajuan Kabupaten Muba khususnya Kota Sekayu.

“Kalau boleh jujur, Muba punya taste dalam pembenahan kota, kota ini tidak begitu besar tapi sangat terlihat modern,” tambahnya.

Untuk mendorong majunya Kabupaten Muba, Herman Deru kembali akan mengucurkan Bantuan Gubernur (Bangub) ke daerah ini yang semula Rp. 36 miliar ditambah menjadi Rp 50 miliar untuk mensupport percepatan pembangunan.

“Selamat ulang tahun yang ke-64 untuk Kabupaten Musi Banyuasin kabupaten yang membanggakan kita semua karena sumber daya alamnya, karena kinerja pemimpin-pemimpinnya. Kadonya kalau kemarin Bantuan Gubernur Rp 36 miliar saya naikkan menjadi Rp 50 miliar,” tegasnya.

Ia juga mengharapkan, pada peringatan HUT ke-64 kali ini, kesejahteraan masyarakat beriringan dengan penurunan angka kemiskinan masyarakat. Dan ini juga berlaku bagi daerah lainnya di Sumsel agar taget kemiskinan turun satu digit dapat tercapai. Karena itu menurut dia dibutuhkan akses infrastruktur yang layak termasuk dalam urusan kesehatan dan pendidikan juga harus baik.

“Saya ingin ada kebersamaan kita dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat, seperti contohnya signal bagi daerah blank spot. Kita akan sediakan wifi untuk mempercepat arus informasi di desa-desa,” papar Herman Deru.

Sementara Bupati Muba Dodi Reza Alex melaporkan meski saat ini Muba dihadapkan pada pandemi Covid-19 namun realisasi pembangunan dan capaian prestasi tidak terhenti meskipun ada keterbatasan.

“Banyaknya capaian prestasi dan reward yang diraih ini tentu tidak terlepas dari kerja keras seluruh OPD terkait,” tuturnya.

Dalam kesempatan Rapat Paripura Istimewa DPRD Muba dengan agenda Peringatan Hari Jadi ke-64 Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2020 tersebut dihadiri secara virtual oleh Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel Irjen. Pol. Prof. DR Eko Indra Heri, serta Bupati dan Walikota se-Sumsel.

Laporan : Akip/Sony/Ril
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *