Herman Deru Ikuti Upacara Kesaktian Pancasila Virtual Bareng Presiden Jokowi dari Lubang Buaya

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Sebagai warga negara Indonesia, masyarakat Sumsel diminta tidak hanya hapal butir-butir Pancasila, tetapi juga harus mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pernyataan itu diungkapkan Gubernur Sumsel H.Herman Deru usai mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Kamis 1 Oktober 2020 secara Virtual yang dihadiri langsung Presiden Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara (Irup) dari Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Menurut HD, masyarakat Indonesia mestinya bersyukur karena memiliki dasar negara berupa Pancasila, karena itu dia mengimbau agar Pancasila benar-benar diwujudkan dalam menjalankan kehidupan berkebangsaan tak hanya oleh masyarakat tapi juga oleh penyelenggara negara.

“Pada hari ini (Kesaktian Pancasila) kita sama-sama kembali diingatkan bahwa kita memiliki dasar negara yaitu Pancasila. Selain hapal, pengejawantahan (pengamalan) Pancasila ini berlaku bagi seluruh penyelenggara negara dan masyarakat. Dan ini kita harus bersyukur,” jelasnya.

Sementara itu meski digelar terbatas secara virtual, upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo berlangsung khidmat. Upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Upacara Kolonel Kal Eri Ahmad Harahap dan turut dihadiri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila yang dibacakan langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Dilanjutkan dengan pembacaan naskah UUD 1945 oleh ketua DPD La Nyalla Mattalitti.

Setelah itu dilanjutkan pembacaan ikrar Kesetiaan kepada Pancasila oleh Ketua DPR RI Puan Maharani serta pembacaan doa oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy.

Sementara itu, dalam upacara tersebut Gubernur Sumsel H. Herman Deru tampak didampingi Ketua DPRD Sumsel R.A. Anita Noeringhati, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Eko Indra Heri, Danlanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Firman Wirayudha, Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Filda Malari, CTMP.

Laporan : Akip/Ril
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *