Herman Deru Hadiri Wisuda UT Palembang

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Para sarjana dituntut untuk dapat mengimplementasikan ilmunya bagi masyarakat sesuai dengan keahlian yang telah dipelajari selama mengenyam pendidikan.

Hal tersebut adalah pesan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru ketika menyampaikan sambutan saat menghadiri upacara Penyerahan Ijazah (UPI) Lulusan Universitas Terbuka (UT) Palembang Periode 1 Tahun 2020 di Aula Utama Asrama Haji Palembang, Sabtu (15/2/20).

Dikatakan, setelah beberapa tahun mengeyam pendidikan keilmuan hingga lulus dengan menyandang gelar sarjana, tentu hal itu membuat para mahasiswa kedepannya mempunyai tanggung jawab moril yang besar terhadap lingkungan masyarakat sekitar.

“Saya mengajak untuk bersama-sama berpikir tentang apa yang dilakukan setelah menyandang gelar ini. Bukan hanya saja yang membuat nama status sosial berubah tapi pertanggungjawaban yang diemban lebih besar bermanfaat bagi masyarakat,” tegas Herman Deru.

Menurut Gubernur Herman Deru lulusan UT Palembang kali ini begitu banyak yang mengeyam pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang profesinya adalah mengajar utamanya guru PAUD.

“Lulusan FKIP, aplagi sebagai guru PAUD, tentu bebannya tidak lebih mudah jadi Dosen. Karena PAUD ini yang membuat saya bangga terhadap kalian. Pondasi masa depan untuk anak-anak nanti ada di tangan kalian termasuk akhlak, adat, agama semua ada disitu maka pertanggung jawaban ini tidak gampang,” tambahnya.

Begitu sentralnya profesi sebagai guru PAUD lanjut Herman Deru dirinya berkeinginan mensejahteraan guru PAUD. “Jika saya diberi kewenangan tentunya para guru PAUD akan kita perioritaskan kesejahteraanya. Saking saya ingin menghargai para guru PAUD,” bebernya.

Tak sampai di situ, Herman Deru juga berpesan kepada para lulusan UT Palembang ini untuk menjadi sarjana yang mempunyai kemandirian dalam mencetak lapangan kerja baru di samping tetap menjaga nama baik almamater dan tata keramah dengan menerapkan tiga manajemen yang harus dimiliki oleh seorang sarjana yakni manajemen penyampaian, manajeman ekpresi, dan manajemen emosi.

“Jika tiga hal ini dikelola dengan baik. Tentu hasilnya juga akan baik sesuai dengan yang kita harapkan,” tandasnya sembari berharap para sarjana alumni UT untuk bersama-sama terlibat membangun Provinsi Sumsel dengan sesuai dengan bidang dan profesi yang dimiliki.

Sementara itu, Rektor UT, Ucu Rahayu mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru yang sudah hadir pada wisuda UT Palembang periode 1. “Terima kasih Pak Gubernur dapat hadir di sini, hari ini UT Palembang mewisuda sebanyak 900 orang yang terdiri dari FKIP 792 orang, FISIP 108 orang,” ungkapnya.

Laporan : Akip
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *