Gubernur Sumsel Imbau Keluarga WNI Asal Sumsel di Wuhan Melapor

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memberikan imbauan kepada warga Sumsel agar pihak keluarga melapor ke pemerintah daerah apabila ada anggota keluarganya yang masih ada di Wuhan, China. Terutama jika mereka adalah WNI (Warga Negara Indonesia) baik mahasiswa yang mengenyam pendidikan maupun TKI yang bekerja di Wuhan, China.

“Saya sudah intruksikan kemarin, kalau ada WNI baik itu TKI ataupun mahasiswa utamanya di Wuhan, agar pihak keluarga melapor ke Pemprov Sumsel agar difasilitasi untuk pulang ke Sumsel,” kata Herman Deru, Rabu (5/2/20).

Ia mengatakan, untuk TKI bisa melapor ke Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sumsel sementara mahasiswa bisa melapor ke Dinas Pendidikan Sumsel. Nantinya, OPD ini akan langsung berkoordinasi dengan Gubernur Sumsel.

“Pemprov Sumsel akan fasilitasi selama yang bersangkutan mau. Kan ada yang tidak mau, mungkin karena mereka sudah berkeluarga disana atau apa. Tapi untuk WNI yang berasal dari Sumsel, bisa difasilitasi, dan kita bantu semuanya untuk kepulangan mereka ke tanah air,” katanya.

Terkait dengan mahasiswa yang sudah pulang ke Sumsel, Herman Deru menegaskan mereka sudah diperiksa kesehatannya. Dan mereka juga sudah dipantau kesehatannya oleh Dinkes setempat. “Masyarakat tidak perlu khawatir. Kita terus memantau dan bekerjasama dengan OPD terkait,” ucapnya.

Herman Deru menuturkan, merebaknya wabah virus ini memang sudah menjadi isu yang sangat pesat. Karenanya, Pemprov Sumsel sudah antisipasi untuk pendatang ataupun wisatawan dari negara lain yang hendak masuk ke Sumsel.

Baik dari pintu masuk kedatangan di bandara atau pelabuhan hingga antisipasi dari rumah sakit, hingga puskesmas pembantu. “Semuanya sudah antisipasi. Kalau memang ada yang mengidap virus ini, seharusnya mereka memberitahu institusi formal agar segera diambil tindakan. Tapi sejauh ini memang belum ada kasus sehingga masyarakat tidak usah khawatir,” katanya.
Terkait dengan adanya even Cap Go Meh yang biasanya didatangi oleh wisatawan dari Tiongkok dan negara Asia lainnya, Herman Deru mempersilakan. Selagi para wisatawan atau pengunjung ini tidak terbukti terindikasi virus corona tersebut.

“Bukan hanya wisatawan Tiongkok, wisatawan dari negara lain termasuk domestik silakan ke Palembang. Selagi mereka tidak terindikasi mengidap virus corona, sars, dan mers,” ungkapnya.

Herman Deru juga berharap Cap Go Meh dapat menjadi momen untuk introspeksi diri serta tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.

Selain itu ia meminta kepada masyarakat Sumsel untuk tidak mengucilkan jika ada WNI asal Sumsel yang kembali dari Tiongkok.

Laporan : Akip
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *