Diresmikan POCADI, Perpusdes Sumber Ilmu Cerdaskan Masyarakat

Securitynews.co.id, SEKAYU- Setelah menerima penghargaan dari Perpustakaan Nasional RI pada Desember 2020 yang lalu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) juga mendapatkan bantuan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, salah satu bantuan dari program yang diterima yaitu Pojok Baca Digital (POCADI).

Kamis (14/1/2021) Bertempat di samping Kantor Desa Sidorejo Kecamatan Keluang, Bunda Baca Kabupaten Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza meresmikan POCADI Perpustakaan Desa (Perpusdes) Sumber Ilmu Desa Sidorejo Kecamatan Keluang Kabupaten Muba.

Dalam sambutannya Thia menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang telah diterima Pemkab Muba melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

“Alhamdulilah berkat penghargaan yang telah diterima dari Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Desa Sumber Ilmu Desa Sidorejo Kecamatan Keluang Kabupaten Muba mendapatkan bantuan POCADI. Tentunya bukan tanpa alasan kita diberikan penghargaan, tepenting jadi tugas kita bagaimana memanfaatkan bantuan dengan sebaiknya sehingga mampu mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya.

Istri Bupati Muba ini juga mengatakan, bahwa Kabupaten Muba sudah terbiasa menjadi daerah berprestasi berkat inovasi-inovasi yang dihasilkan. Tentunya prestasi ini harus dipertahankan, dengan demikian Kabupaten Muba akan mampu mengajak semua masyarakatnya untuk saling belajar satu sama lain.

“Dari prestasi yang telah kita dicapai, hal yang menjadi benang merahnya adalah bagaimana perpustakaan desa telah berhasil menunjukkan kinerja yang sangat baik. Perpustakaan desa berhasil menunjukkan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat, ini menjadi kebanggan kita bersama. Saya sangat setuju dengan konsep kalau perpustakaan tidak hanya untuk baca saja, namun begitu banyak kegiatan literasi yang bisa dilakukan sehingga memberikan manfaat begitu besar bagi kehidupan,” ujarnya.

Sementara itu menurut laporan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Drs Yohanes Yubhar MM, dengan adanya POCADI, dari membaca manual bisa menjadi digital. Perpustakaan Muba sudah pernah diundang oleh Perpustakaan Nasional jadi narasumber pada Desember yang lalu, artinya Muba telah jadi contoh di Indonesia, dikarenakan Muba sudah memiliki buku elektronik atau perpustakaan digital.

“Adapun bantuan Pojok Baca Digital (Pocadi) yang telah diterima dari pusat untuk Perpustakaan Desa Sumber Ilmu Desa Sidorejo Kecamatan Keluang yaitu berupa buku, karpet, tv 43 inch, komputer 3 unit, server, tablet samsung 3 unit dan seperangkat interior ruangan,” bebernya.

Kades Sidorejo Pujiono menyampaikan ucapan terimakasih kepada Perpustakaan Sumsel dan Dinas Perpustakaan Kabupaten Muba atas bantuan sehingga diresmikannya POCADI. Mudah-mudahan bantuan bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Sidorejo.

“Kami punya visi Perpustakaan Desa Sumber Ilmu Desa Sidorejo bukan hanya sebagai sumber ilmu tapi juga tempat rekreasi sepanjang hayat. Dengan misi kita pertama, menumbuhkan minat baca masyarakat dari usia dini, kedua menjadikan Perpustakaan yang nyaman, aman dan kreatif, ketiga memberikan layanan prima dengan akses informasi yang mudah, serta meningkatkan peran serta dalam pemberdayaan masyarakat desa,” jelasnya.

Laporan : Sony
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *