Bunga Telang Dapat Meningkatkan Imun

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Bunga Telang yang sering tumbuh di pekarangan rumah, ternyata mempunyai banyak manfaat. Beragam kandungan alami di Bunga Telang pun, dapat meningkatkan imun tubuh dan mencegah penularan Covid-19.

Seperti yang dilakukan Henni Martini (28), yang mengolah Bunga Telang menjadi makanan yang kaya gizi dan mengenyangkan.

Beragam jenis olahan makanan dibuat dari Bunga Telang, sehingga menghasilkan warna biru yang bisa memancing nafsu makan.

Bunga Telang diolah Alumnus FKIP Mipa Universitas Sriwijaya (Unsri) ini menjadi nasi berwarna biru. Untuk semakin menambah rasanya, nasi biru tersebut dibakar di atas api kompor, hingga mengeluarkan aroma sedap.

“Sebenarnya sudah lama tahu khasiat Bunga Telang dari kebiasaan keluarga, bisa untuk campuran minuman dan makanan. Khasiatnya untuk menurunkan demam anak-anak, relaksasi di saat capai hingga menjadi minuman sore yang menyegarkan,” ujarnya, Selasa (20/10/20).

Selain menggunakan Bunga Telang dengan beragam manfaat, nasi biru bakar juga diproses dengan rempah-rempah Indonesia. Seperti jahe, laos, serai dan daun salam.

Proses untuk mendapatkan warna biru alami dari Bunga Telang ini sangat mudah. Cukup campurkan 500 mili Liter (mL) air putih, garam, serai, daun salam dan 5 gram Bunga Telang kering yang sudah dijemur.

“Campur semua bahan tersebut lalu dimasak hingga warna birunya keluar. Saring air dan pisahkan dari Bunga Telang yang sudah terendam. Air biru tersebut lalu dicampur dengan 500 gram beras dan ditanak hingga masak,” katanya.

Setelah masak, masukkan nasi biru ke dalam cetakan bersama suwiran ayam yang sudah diolah. Lalu cetak di atas daun pisang dan dibakar di atas api kompor, hingga tercium aromanya.

Bunga Telang juga bisa menjadi bahan untuk minuman segar, dengan merebusnya ke dalam air hingga mendidih. Lalu setelah warna birunya keluar, saring dan campur airnya dengan gula dan lemon.

“Kalau air rebusan Bunga Telang itu tidak ada rasa, sama seperti minum air putih biasa. Makanya dicampur gula dan lemon, agar lebih nikmat,” ucapnya.

Henni Martini juga memproduksi produk olahan lainnya, seperti bunga telang kering yang dijual sebesar Rp 15.000, teh celup bunga telang seharga Rp 15.000 dan teh rempah biru sebesar Rp 20.000.

“Untuk harga nasi bakar biru dihargai sebesar Rp 15.000, nasi biru sate ikan seharga Rp 15.000, nasi biru roll egg seharga Rp 15.000 dan juga nasi tumpeng biru dimulai dari Rp 30.000-an,” ucapnya.

Dia memproduksi olahan bunga telang tersebut di kediamannya di Lorong Peternakan, Kelurahan Sungai Selincah Kecamatan Kalidoni Palembang Sumsel. Henni Martini juga mempromosikan kuliner buatannya di media sosial (medsos) Instagram @membumi_idn.

Ekstrak Bunga Telang ternyata bisa juga meningkatkan kadar asetilkolin, yang mampu meningkatkan daya ingat dan mengatasi gangguan kecemasan.

Dalam Bunga Telang juga ada juga kandungan asam linolenat dan asam palmitat, yang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental depresi.

Asam linolenat adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

“Bunga Telang juga bisa sebagai antioksidan, antikatarak, melancarkan haid, antikanker dan diabetes,” tandasnya.

Laporan : Akip
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. You’re truly a just right webmaster. The website loading speed is
    incredible. It kind of feels that you are doing any distinctive trick.

    In addition, the contents are masterwork.
    you’ve performed a fantastic job on this matter! Similar here:
    sklep and also here:
    E-commerce