oleh

Wujudkan Satpam Profesional, ABUJAPI Sumsel Gelar Seminar

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Sumatera Selatan berencana mengadakan Seminar Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) pada tanggal 07 Oktober 2019 di Grand Atyasa Convention Center.

Ketua ABUJAPI Sumsel, Boy Novembriono, menjelaskan tujuan seminar ini adalah untuk memberikan pengertian ataupun pengetahuan bagi pengguna tenaga satpam, supaya menggunakan tenaga satpam yang ada di Badan Usaha Jasa Pengamanan yang sudah profesional.

“Karena jika menggunakan satpam yang tidak profesional sering terjadi permasalahan-permasalahan sistem pengamanan di lapangan. Seperti protap-protap yang dilaksanakan satpam itu tidak memenuhi aturan,” tegas Boy usai rapat bersama pimpinan BUJP di Golf Cafe Palembang, Rabu (02/10/2019).

Sehingga kata Boy, melalui seminar ini diharapkan bagi pengguna jasa tenaga satpam itu dapat mengerti dan membuat kerjasama dengan Badan Usaha Jasa Pengamanan yang sudah ada yang secara profesional mereka menangani tentang sistem pengamanan yang sudah ada.

Boy juga juga berharap dengan adanya seminar ini pemerintah dapat mendorong para pengguna tenaga satpam untuk menggunakan tenaga jasa pengamanan yang sudah ada di BUJP. Sehingga iklim usaha di bidang penyediaan tenaga jasa pengamanan, pelatihan, pendidikan ini bisa tumbuh kembang selaras sesuai dengan harapan teman-teman semua.

Bertindak selaku narasumber pada seminar BUPJ ini antara lain dari Dirbinmas Polda Sumsel, BPJS Ketenagakerjaan, Pemerintah Kota Palembang yang diwakili oleh Walikota Palembang, dan dari ABUJAPI Pusat.

Selain dari penyampaian materi juga ada diskusi panel dengan narasumber Dirjen Pajak, BPJS Kesehatan, dan oleh praktisi yang selama ini bergerak di bidang satpam. “Jadi akan kita keluarkan rekomendasi-rekomendasi hasil seminar nantinya,” cetus Boy.

Adapun peserta seminar yang akan hadir nanti terang Boy, pertama dari pengguna tenaga satpam yang tidak bekerjasama dengan perusahaan badan usaha jasa pengamanan dan BUJP itu sendiri, ada juga peserta dari satpam itu sendiri.

Menurut Boy, tujuan seminar BUJP selain untuk memberikan pengetahuan dan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai peran BUJP, juga menjelaskan kualitas sistem pengamanan yang berbeda dari jasa pengamanan yang dikelola secara sendiri.

“Kalau dia dikelola sendiri, otomatis kami tidak bisa mengetahui berapa jumlah security yang ada di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Karena biasanya kalau menggunakan badan usaha jasa pengamanan setiap semester itu perusahaan badan usaha jasa pengamanan itu memberikan laporan tentang kegiatan pengamanan di daerah jaga itu. Sementara kalau dia kelola sendiri kita tidak tahu apakah mereka itu satpamnya sudah pendidikan, terus berapa jumlahnya itu tidak diketahui karena mereka tidak diwajibkan untuk membuat laporan-laporan sistem pengamanan. Harapan kita semua satpam ini bisa dipantau artinya untuk membuat program kelanjutan,” pungkas Boy.

 

Laporan             : Sibah

Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed