Warga Saleh Agung Positif Covid-19, Ini Penjelasannya

Securitynews.co.id, BANYUASIN- Juru Bicara Tim Gugus tugas penanganan Covid-19 Aminuddin, S.Pd, S.IP MM menjelaskan kronologis warga Saleh Agung yang meninggal karena terinveksi Covid-19, Rabu ( 29/04/2020).

Sejak dirawat di Puskesmas hingga dirujuk ke Rumah Sakit Pelabuhan, korban R (18) warga Saleh Agung dan indikasinya mendekati Covid-19. Datanya sudah terdaftar dan dalam proses pemantauan tim gugus tugas. Dan memang sesuai aturan nama korban tidak boleh dipublikasi secara terang namun cukup menjadi pegangan tim gugus tugas dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk bertindak lebih lanjut, sambil menunggu hasil Swab.

Maka data grafik dan tabel yang dimuat diwebsite resmi Covid hanya berupa angka bukan menyebut nama korban. Dan ini tidak hanya di Banyuasin namun berlaku di seluruh Indonesia.

”Kalau ada pihak yang bilang data korban R (18) warga Saleh Agung tidak terupdate, itu pernyataan keliru dan bukti tidak memahami substansi aturan penanganan korban Covid. Begitu juga terkait penentuan hasil positif Covid atau tidak, harus menunggu hasil Swab Balai Kesehatan (BBLK) Sumsel di Palembang. Ketika ada rilis resmi terkait hasil ini baru bisa diupdate. Rilis ini dimulai dari Gugus Tugas Jakarta, Gugus Tugas Provinsi dan Gugus Tugas Kabupaten. Kabupaten tidak boleh mendahului provinsi dan begitu juga provinsi tidak boleh mendahulu pusat, karena data korban Covid ini terpusat dan satu data. Ingat satu data,” paparnya.

Jadi kepada masyarakat, jangan mudah terpengaruh dengan informasi yang tidak jelas tujuannya dan justru membuat panik warga. Namun yakinlah Pemkab Banyuasin yang akan maksimal berbuat yang terbaik bagi masyarakat Banyuasin.

”Buat warga Saleh Agung, jangan panik namun tetap waspada serta ikuti imbauan pemerintah. Dan yang sempat kontak dengan korban untuk jujur dan segera melapor ke Puskesmas Srikaton,” tandasnya.

Laporan : Deni
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *