THO Dinyatakan Negatif Virus Corona

Securitynews.co.id, PALEMBANG- THO (62 tahun) pasien yang diduga terinfeksi virus corona dinyatakan negatif atau tidak terinfeksi virus Corona Covid 19. Hal itu diungkapkan oleh, Kepala Dinas Kesehatan, Lesti Nuraini saat Press Conference di Aula Kantor Dinas Kesehatan Prov Sumsel, Senin (24/02/2020).

“Kami menyatakan bahwa pasien tersebut tidak terinfeksi Covid. Setelah tanggal 17 Februari lalu dirujuk ke RSMH dan hasilnya negatif dan di erima pada tanggal 20, Prosedur akan diambil satu kali pemeriksaan lagi, syukur alhamdulillah THO negatif Covid 19,” katanya.

Lebih lanjut, Lesti menjelaskan dengan pengumumaan hasil pemeriksaan Litbangkes terkait pasien yang dirawat di ruang isolasi RSMH, pasien ini sudah normal, temperaturnya sudah normal, dan saat ini pihaknya sudah dapat tes kedua dan melihatnya pasien sudah stabil.

Selain itu, Lesti mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak panik, bahwa masyarakat agar selalu menjaga kesehatan lebih kuat menghadapi virus Corona, dengan cara menjaga kesehatan dengan cara hidup sehat seperti hidup sehat dan cuci tangan pakai sabun.

“Jika berada di pelayanan publik agar menggunakan masker, dan hindari kontak dengan orang yang mempunyai riwayat bepergian ke luar negeri,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim RSMH, Dr Zein Ahmad, SpPD, mengiyakan apa yang disampaikan Kadis Kesehatan, soal kondisi THO saat ini, ia mengatakan kondisi pasien dalam keadaan normal.

“Jangan membayangkan ruang isolosi itu seperti penjara, namun ruang isolasi seperti ruangan biasa cuma kita membatasi akses masuk masyarakat. Jadi kondisi psikis pasien bisa terkontrol, psikis juga disebabkan informasi yang menyebar ke masyarakat, kami juga mendapat izin dari pihak keluarga untuk melakukan konpres ini. Kami juga mengimbau untuk ke depan agar diblur kalau belum ada hal yang positif,” ulasnya.

Untuk itu, dijelaskan Dr Zein, bahwa untuk mengetahui pasien terkena gejala virus ada beberapa hal yang mendasar yaitu masa inkubasi, yaitu adalah ketika masuk kuman atau bibit penyakit ke tubuh seseorang sampai kuman tersebut mampu menimbulkan gejala, ketika lewat inkubasi.

“Masa inkubasi ini tercepat 2 hari terlama 14 hari. Jika selama 14 tidak ada virus dinyatakan negatif, tapi kalau gejalanya ada maka dilakukan masa isolasi, karena Pasien THO ini baru bepergian dari Malaysia, yang dianggap terjangkit virus Corona Covid 19 ini, tentu akan dirawat,” ungkapnya.

Setelah dilakukan beberapa tes, dan hari ini kami nyatakan bahwa pasien THO negatif, “Mudah-mudahan besok bisa keluar dari ruang Isolasi,” pungkasnya.

Laporan : Mitha
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *