Tahun Ini, Pembangunan PJUTS Kembali Bergulir

* Alex Noerdin Perbanyak Bantuan Ke Ponpes

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Setelah terpasang lebih dari 600 titik di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2020 yang lalu, pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) yang merupakan salah satu program Kemitraan DPR RI bersama Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementrian ESDM, tahun 2021 ini akan kembali digulirkan. Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, selain daerah terpencil, program yang disalurkan melalui wakil ketua Komisi VII DPR RI H Alex Noerdin, tahun ini akan lebih banyak dibangun dikawasan pondok pesantren terutama yang belum teraliri listrik PLN.

“Tahun ini akan ada lagi penambahan pembangunan lampu tenaga surya, selain didaerah-daerah pelosok yang belum ada aliran listrik PLN, kita akan prioritaskan juga kawasan-kawasan pondok pesantren. Nanti kita akan data lagi pondok pesantren yang ada di Sumsel,” ungkap Alex Noerdin saat menyampaikan sambutan pada acara tasyakuran sekaligus meresmikan penggunaan PJUTS di kampus C Pondok Pesantren Aulia Cendikia, Talang Jambe Palembang, Sabtu (16/1) malam.

Hadir dalam rangkaian acara ini, Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati, sekda Kota Palembang Ratu Dewa, pimpinan ponpes Aulia Cendikia KH Hendra Zainuddin, Ketua DPD Partai Golkar Ogan Ilir, Endang Ishak PU, Ketua DPD Partai Golkar Banyuasin Irian Setiawan, tenaga ahli DPR RI Komisi VII Najib Asmani dan Kemas Khoirul Mukhlis, tamu undangan lainnya serta para santri ponpes Aulia Cendikia.

Alex Noerdin yang juga hadir bersama istri Sri Eliza Alex ini menegaskan bahwa, pembangunan lampu tenaga surya di ponpes Aulia Cendikia ini sudah dimulai tahun 2020 yang lalu. Menurutnya, selain lampu tenaga surya, rencananya juga akan dibantu air sumur bor seperti yang sudah dibangun di kawasan Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga Kabupaten Ogan Ilir. “Namun setelah disurvei oleh tim peneliti, di kawasan ponpes Aulia Cendikia ini tidak ada sumber mata airnya. Karena pembangunan sumur bor ini kedalamannya hampir 150 meter dengan anggaran lebih dari 400 juta. Jadi sumur bor tidak bisa di bangun di kawasan ini,” jelas Alex Noerdin.

Ditambahkan Gubernur Sumsel periode 2008-2018 ini, untuk program tahun 2021 nanti akan ditambahkan lagi jumlah lampu tenaga surya di pondok pesantren ini. Selain itu, juga akan bergulir berbagai program lainnya yang akan disalurkan di wilayah Sumsel. “Sebenarnya ini bukan dapil saya, tapi karena rasa sayang kepada seluruh masyarakat, jadi semua kita salurkan program bantuan dari pusat,” tegasnya.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Aulia Cendikia KH Hendra Zainuddin menyampaikan rasa haru dan bangga atas semua yang telah dilakukan selama ini oleh bapak Alex Noerdin kepada ponpes yang diasuhnya. Menurutnya, berbagai bantuan yang sudah di salurkan selama ini diharapkan menjadi ladang amal.  “Alhamdulillah atas bantuan PJUTS melalui bapak H. Alex Noerdin selaku Pimpinan Komisi VII DPR RI ini pondok pesantren lebih mudah beraktifitas pada malam hari. Pesantren Aulia Cendikia saat ini memiliki 1.300 santri yang terbagi d kampus A, B dan C. Khusus di kampus C ini sudah terpasang 7 bantuan PJUTS yang di gunakan untuk menerangi masjid dan asrama putri khusus penghafal Al Qur’an,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Sekda Ratu Dewa, menurutnya selain bangga dan rasa hormat, dirinya juga kagum dengan apa yang telah diperbuat oleh bapak Alex Noerdin selama ini. “Kalau saya boleh mengingatkan, tepat malam ini bersamaan dengan hari dimana pak Alex dilantik menjadi bupati Musi Banyuasin periode pertama pada tahun 2001. Jadi memang hari ini memiliki makna yang sangat luar biasa, moment dimana pak Alex dilantik jadi Bupati,” ingatnya.

Selain itu kata Ratu Dewa, selaku sekda Kota Palembang beserta jajaran menyampaikan terima kasih karena bapak Alex Noerdin tidak henti-hentinya memberikan bantuan untuk warga kota Palembang. “Yang kami catat selama ini sejak pak Alex menjabat pimpinan komisi VII DPR RI, ada berbagai macam bantuan mulai dari beras, alat rapid test, mesin ventilator, alat pencacah rumput, kemudian lagi mesin pembuat bakso, sekarang lampu tenaga surya dan masih banyak lagi yang lainnya. Kami sangat terbantu dan berharap akan ada lagi bantuan-bantuan yang akan disalurkan khususnya di kota Palembang ini,” tandasnya.

Laporan : Sony/Ril
Posting  : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *