Seleksi Calon Anggota Paskibraka Tahun 2020 Digelar

Securitynews.co.id, BANYUASIN- Pelaksanaan seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2020 telah digelar oleh Tim Seleksi dari Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Banyuasin Senin (15/06/20).

Pelaksanaan penjaringan awal tim pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat kabupaten bertempat di Gedung Aula Disporapar Kabupaten Banyuasin.

Penyeleksian ini dilaksanakan sedini mungkin menjelang HUT ke-75 RI untuk bertugas pada tanggal 17 Agustus 2020 yang akan datang.

Kepala Dinas pemuda Olah raga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Banyuasin Merki Bakri saat diwawancarai menjelaskan bahwa pelaksanaan seleksi Paskibraka ini sempat tertunda akibat Pandemi Covid-19 dan baru bisa dilaksanakan kemarin serta jadwal seleksi dibagi menjadi 4 bagian secara bergiliran agar tidak terjadi penumpukan peserta.

“Dalam seleksi ini kami berharap kesiapan fisik lahir dan batin dari para peserta karena para peserta yang terpilih nanti adalah putra-putri terbaik yang akan mengharumkan nama baik kecamatan yang diwakili dan nama baik Banyuasin,” ujar Kepala Dinas yang baru mendapatkan menantu ini.

Seleksi calon anggota Paskibraka dilaksanakan untuk menentukan kesiapan baik fisik, jasmani, dan rohani serta syarat lain yang telah ditentukan berdasarkan ketentuan yang berlaku. Seperti tinggi badan untuk putera 170-180 Centimeter dan puteri 160-175 Centimeter dan syarat lainnya, agar nantinya para peserta yang mengikuti seleksi dapat terpilih sesuai dengan kategori dan dapat dipertanggungjawabkan. Diharapkan pada saat pelaksanaan Diklat hingga pelaksanaan pengibaran bendera tanggal 17 Agustus 2020, peserta dalam keadaan sehat dan bugar sampai kegiatan berakhir.

Para siswa dan siswi yang lulus seleksi terpilih sebagai calon anggota Paskibraka Tahun 2020 akan mendapat Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) baris-berbaris. Adapun kuota yang dibutuhkan sebagai anggota paskibraka, untuk Tingkat Kabupaten Banyuasin sebanyak 30 orang. Untuk mengikuti Seleksi Tingkat Provinsi dan Nasional sebanyak 8 orang.

Para peserta yang mengikuti seleksi Paskibraka ini sudah terlebih dahulu melalui seleksi tingkat kecamatan. Mereka berjumlah 107 peserta mewakili SMA/SMK/MA Negeri maupun Swasta dari 21 Kecamatan yang ada di Banyuasin.

“Kegiatan Seleksi Paskibraka dilaksanakan dengan mengacu pada protokol kesehatan Covid-19. Peserta wajib menggunakan masker, cuci tangan, dan sosial distancing wajib dilaksanakan oleh masing- masing peserta dan peserta wajib membawa surat keterangan bebas Covid-19 dari Tim Gugus Tugas Kecamatan,” tegas Merki.

Penilaian seleksi para peserta akan dilakukan oleh unsur TNI, Polri, Dinas Kesehatan, dan Purna Paskibraka Kabupaten Banyuasin.

Laporan : Deni
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *