Satgas Saber Pungli: Ayo Bangun Bangsa, Stop Pungli!

SecurityNews.Co.Id, Palembang – Satuan tugas (Satgas) Satgas Sapu bersih (Saber) Pungutan liar (Pungli) Unit Pemberantasan Pungutan (UPP) Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan sosialisasi tentang pencegahan pungutan liar.

Sosialiasi yang dihadiri beberapa Kepala Sekolah (Kepsek) di Palembang dan Ketua Komite di SMAN 5 Palembang, Rabu (04/11) bertema “Ayo Membangun Bangsa Stop Pungli, Cegah Lawan dan Laporkan”.

Auditor Madya Inspektorat Provinsi Sumsel Rini Hartini mengatakan sosialiasi saber pungli itu memasuki hari ketiga. “Hari pertama di SMAN 3 Palembang, hari kedua di SMAN 1 Palembang, dan hari ini terakhir di SMAN 5 Palembang,” katanya.

Rini mengatakan dalam sosialiasi itu pihaknya memberikan materi terkait aturan pengelolaan dana, penggalangan dana.

“Jangan sampai kepsek dan komite terlibat melakukan pungutan, jadi penggalangan dana pendidikan sesuai aturan yang ada,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pungli itu bisa diartikan jika pungutan dilakukan pihak sekolah dalam bentuk uang,  dengan jangka waktu dan jumlah yang sudah ditentukan, serta sifatnya wajib mengikat.

“Sedangkan sumbangan boleh, bentuknya uang, barang dan jasa, dan sifatnya sukarela. Itu murni dari orang tua (ortu), bantuan berupa uang, barang, jasa, sifatnya sukarela tapi dari pemangku kepentingan, dan  ada kesepakatan kedua belah pihak, kesepakatan,” bebernya.

Rini mengungkapkan, ada laporan dari beberapa sekolah di Palembang yang melakukan pungli.

“Itu sudah kita tidaklanjuti. Ada sanksi dari Gubernur. Sanksinya berdasarkan PP 54 tahun 2010, sanksinya bisa dicopot, penurunan pangkat, tergantung kesalahan mereka,” tegasnya.

Lebih lanjut Rini mengimbau kepada Kepsek di lingkungan Pemprov Sumsel jangan sampai merek melakukan pungutan. Pasalnya, di aturan tidak boleh ada pungutan. Yang boleh sumbangan dan bantuan.

“Jika ada orang tua yang merasa diminta pungutan oleh sekolah, bisa melaporkan ke inspektorat, harus disertakan alat bukti dan pelapornya harus jelas. Laporan juga bisa dilakukan ke siber call center 0812 75342016 atau 08117423234 atau ke Instagram saberpungli_sumsel,” tutupnya. (Akip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

  1. Hello! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine
    Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.

    If you know of any please share. Kudos! You can read similar text
    here: Najlepszy sklep